web analytics

Sekretariat DPRD Gelar Media Gathering dengan Wartawan Forward Sulut

On  July  2   2021

Manado, Sulutlink.com – Sekretariat DPRD Sulut menggelar Media Gathering dengan wartawan FORWARD peliputan DPRD Provinsi Sulawesi Utara Jumat (2/7) di Rumah Makan Pondok Hijau, Kota Manado.

Kegiatan dibuka langsung Ibu Sekertaris Dewan Glady Kawatu, SH M.Si, thema bertajuk “Pers Four Estate diera Reformasi” yang bernuansa keakraban, tatap muka langsung. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini menghadirkan salah satu pengamat Politik dan Pemerintahan Taufik Tumbelaka yang akrab disapa ABANG, membahas seputar peran pers.

Menurut Tumbelaka, PERS adalah bagian dari sejarah perjalanan bangsa indonesia, maka pers bisa disebut sebagai pilar demokrasi, bagaimana kedudukan pers dan peran penting dalam demokrasi.

“Perjalanan sebuah demokrasi, berawal dari seorang filosof asal Inggris bernama John Lock yang menentang kekuasaan absolut oleh Raja- Raja di Eropah dengan merujuk kepada perjuangannya dan membuahkan lahirnya pemisahan kekuasaan eksekutif, legislatif dan judikatif,” ungkap Tumbelaka.

Lanjut Tumbelaka, mengatakan perjalanan waktu perjuangan demokrasi terus berlanjut sampai ke era kini sehingga PERS mendapat tempat dalam demokrasi, yang sebelumnya hanya tiga kekuasaan atau disebut 3 pilar demokrasi, dan  berubah menjadi 4 pilar demokrasi salah satunya adalah PERS, ” tandas nya.

Taufik menekankan, PERS  memegang peranan penting dalam membangun komunikasi politik dengan berbagai pemangku kepentingan dan elemen bangsa.

” Wartawan punya peran penting dan memberi kontribusi dan spirit demokrasi, PERS punya peran yang dapat menjalin hubungan baik dan harmonis dengan pemangku kepentingan, PERS dapat menciptakan  kerjasama guna menciptakan pemberitaan berdampak positif,  PERS dapat memberi masukan yang konstruktif dan membangun bersifat kritis dan pengawasan untuk  menjadi lebih baik.” tandasnya.

Sementara itu Sekertaris DPRD Glady Kawatu mengapresiasi apa yang dipaparkan Bung Taufik sebagai pemateri maupun juga berperan sebagai wartawan dalam acara tatap muka dengan sejumlah wartawan.

” Semua wartawan di DPRD adalah mitra kami untuk itu bisa bersinergi dalam upaya kerjasama peliputan didewan, pers adalah bagian dari pilar demokrasi bersinergi membangun kelembagaan DPRD Sulut,” tukas Sekwan Kawatu

Diakhir pemaparannya Sekwan Kawatu menyampaikan kepada sejumlah wartawan dan berharap FORWARD dan DPRD pertahankan terus jalinan keakraban yang sudan lama terbangun ini, dan berharap semoga pertemuan seperti ini akan menjadi agenda rutin untuk dilaksanakan,” harap Kawatu.

Kegiatan ini  juga dihadiri Pejabat eselon; Kabag Umum Jhon Paerunan, Kabag Keuangan Dammy Tendean,  Kabag Persidangan Roni Geru serta para staf DPRD lainnya disuport seluruh wartawan media cetak, online dan elektronik yang bertugas meliput seluruh kegiatan di DPRD Provinsi Sulawesi Utara, dan sebagai Moderatur Ketua Forward Nobert Losa.  Edit.admin.2.SL.Kst.

About DeProS Red

Check Also

Sulawesi Utara di PON XX Papua, Kandouw: Target, Wajib Melebihi Capaian Medali PON Jabar

MANADO, Sulutlink.com – Ketua Umum KONI Steven Kandouw menegaskan target Sulut untuk PON XX Papua …