web analytics

SELEKNAS APBF MULAI BERGULIR

Sulutlink.com – Setelah selesai dengan Seleknas junior team untuk mengikuti 23rd Asia Pacific Bridge Federation (APBF)Youth Championship yang akan berlangsung di Bangkok tanggal 5-11 April 2019, PB GABSI langsung menggelar Seleknas untuk membentuk tim yang akan mengikuti The 53rd APBF Open Championship di Singapura pada tanggal 11-20 Juni 2019.

Event di Singapura akan mempertandingkan Open, Ladies dan Senior team seperti bisanya. Namun tahun ini ditambah satu nomor baru Mixed Team. Ini terjadi karena pada World Team Championships 2019 yang akan berlangsung di Wuhan, China pada bulan September 2019.

Pada event di Wuhan, China yang biasanya hanya mempertandingkan nomor open team untuk memperebutkan Bermuda Bowl, Ladies Team untuk memperebutkan Venice Cup dan Senior Team untuk memperebutkan d’Orsi Cup. Tahun ini ditambah 1 nomor baru, yaitu Mixed Team.

Nah event di Singapura selain kejuaraan untuk memperebutkan juara APBF juga sekaligus merupakan ajang seleksi Zone VI APBF untuk mencari 3 negara yang akan mewakili APBF berlaga di Wuhan, China.

Tahun ini APBF mendapat jatah 4 negara karena China sebagai tuan rumah otomatis lolos mengikuti World Team Championship.

 

PB GABSI yang mentargetkan 4 tim bisa lolos mengikuti World Team Championships mengadakan Seleksi Pembentukan Tim Nasional Open, Ladies dan Mixed Team. Untuk nomor mixed team diatur tersendiri karena diserahkan kepada klub, gabungan atau Pengprov yang berminat dengan biaya sendiri. Karena Indoneia hanya boleh mengirimkan satu tim maka jika ada 2 atau lebih tim yang berminat akan diadakan seleksi.

Mari kita lihat hasil Seleknas yang telah menyelesaikan hari pertama dan rencananya akan berlangsung hingga tanggal 11 Februari 2019 di Wisma PKBI Jalan Hang Jebat Jakarta Selatan.

Open Team

Seleknas Open Team diikuti paling banyak peserta, yaitu 21 pasangan dari berbagai daerah dan hampir semua pemain papan atas Indonesia ikut berpartisipasi.

Pertandingan di open team akan berlangsung dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.

Babak penyisihan akan bertanding ½ kompetisi 21 session @12 papan dan 10 pasangan terbaik akan berlaga di babak final.

Hari ini telah menyelesaikan 5 session dari rencana 21 session dan dua pasangan asal Djarum Bridge Club memimpin ditempat teratas.

Stefanus Supeno/Leslie Gontha meraih 70.41 VP disusul Agus Kustrijanto/Santoso Sie yang mengumpulkan 64.77 VP dan ditempat ketiga juga pemain asal Djarum Bridge Club Jemmy Bojoh yang berpasangan dengan Franky Karwur yang mengumpulkan 64.01 VP.

Belum ada kejutan berarti karena di peringkat 4 juga bertahta pasangan baru tapi sudah berpengalaman sebagai anggota tim nasional, Robert Tobing/Noldy George.  Kecuali pasangan Denny Sacul/Syahrial Ali yang masih di peringkat 13 dan pasangan Youbert Sumarauw/Ronny Eltanto yang masih berada diperingkat 17.

 

Ladies Team

Peserta paling sedikit adalah di Seleknas Ladies Team yang hanya diikuti 7 pasangan. Dengan demikian mereka akan bertanding 4 kali round robbin @16 papan dan langsung diambil 4 pasangan untuk masuk Pelatnas.

Setelah menyelesaikan 4 session, pasangan asal Jawa Timur, Winda Purba/Nur Ainia memimpin ditempat teratas dengan 50.03 VP disusul Fera Damayanti/Riantni dari Jabar dengan 47.7 VP dan berikutnya Conny Sumampouw asal DKI dengan 41.81 VP dan ditempat keempat bertengger pasangan asal Djarum Bridge Club Jateng, Nettin Erinda/Aulia Sukma yang meraih 41.39 VP.

 

Mixed Team

Pertarungan di Mixed Team juga berlangsung seru. Diikuti 17 pasangan dari berbagai daerah akan mempertandingkan dua babak seperti open team. Babak penyisihan 17 session @ 16 board dilanjutkan dengan babak final yang diikuti 10 pasangan terbaik babak penyisihan.

Setelah menyelesaikan 4 session terjadi kejutan dimana pasangan baru Waya Langkay David Badawi memimpin ditempat teratas. Pasangan ini meraih 57.93 VP disusul pasangan juara Mixed Team 3rd South East Asia Federation 2018 di Manila dan Juara Nasional Kejurnas Bridge 2018 di Padang Sartje Pontoh/Paulus Sugandi yang mengumpulkan 57.2 VP. Ditempat ketiga bertengger Fortina Mora Sibuea/Verry Pangkerego yang meraih  52.57 VP disusul ditempat keempat Tracy Awuy/Parlin Sinaga dengan 49.41 VP. Dua pasangan peraih medali perunggu Asian Games 2018 masih berada diperingkat 5 atas nama Lusje Bojoh/Taufik Asbi dan diperingkat 9 atas nama Vita Lasut/Bill Mondigir.

 

Bagi yang berminat menonton silahkan dating ke Wisma PKBI Jl. Hang Jebat Jakarta Selatang. Pertandingan berlangsung setiap hari dan besok dimulai pukul 10.00 dan berakhir sekitar pukul 18.00.

Oleh : Bert Toar Polii – Humas PB GABSI

About Redaksi 2

Check Also

AHY LANTIK 15 DPC PARTAI DEMOKRAT SE SULUT, ANISA LANTIK SRIKANDI SEYLA KUDATI

  November  25. 2022 admin: karel supit Manado. Sulutlink.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat …