web analytics

Semarak Turnamen Bridge Online Saat Pandemi Covid-19


Oleh : Bert Toar Polii
Di saat hamper sebagian besar cabor menghentikan atau menunda kegiatan turnamen, Cabor Bridge menjadi satu-satunya cabang olahraga yang justru semakin semarak mengadakan kegiatan turnamen.
Mengapa ini bisa terjadi? Ini bisa terjadi karena cabor bridge bisa di pertandingkan secara online. Dengan demikian para olaragawan bridge tetap tinggal dirumah tapi bisa ikut bertanding.
Cukup hanya bermodalkan HP, Tab atau computer yang tersambung dengan internet sudah bisa menyalurkan hobinya. Bahkan bisa disambil sambil ngopi atau bercengkerama dengan keluarga.
Keuntungan lain olahraga bridge karena ada situs Bridge Base Online atau BBO yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi bermain bridge dan terbuka 24 jam sehari.
Saat ini ada beberapa turnamen bridge online yang sedang berlangsung di dalam negeri.

  1. Pengprov Gabsi Jatim membuat kejutan dengan mengadakan Porprov yang diikuti 14 Kabupaten/Kota pada tanggal 27 April 2020 dan akan berakhir pada tanggal 10 Mei 2020.
  2. Turnamen Bridge Online Play Bridge From Home kini sedang berlangsung Turnamen Bridge Online Jayalah Bridge Indonesia yang diikuti 16 tim papan atas di Indonesia. Turnamen ini bertanding setengah kompetisi dan diadakan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu serta Minggu. Saat ini sudah menyelesaikan 10 session dari rencana 15 session. Karena Sabtu dan Minggu ini memainkan session 11 dan 12 maka direncanakan session terakhir tanggal 16 Mei 2020. Saat ini Bitung Nasdem sedang memimpin dengan 138.07 VP disusul tim bertabur bintang KBP dengan 129.26 VP kemudian ada tim kuda hitam Embo AH yang meraih 128.45 VP dilanjutkan Djarum Super, Djarum Black, ACR1n Garuda dan Climanusa.
  3. Event Ramadhan Di Rumah Saja dariPengprov Gabsi Jatim untuk KU 21 yang diselenggarakan pada tanggal 6 – 10 Mei 2020. Saat ini sudah menyelesaikan session 3 babak final dimana Kediri 1 memimpin dengan 53.01 VP disusul Aremania 49.63 VP kemudian Musaeadat kabira dengan31.39 VP.
  4. Liga Bridge Jawa Tengah-DIY untuk KU 18 dan KU 16 dengan nomor pertandingan tim dan pasangan pada tanggal 29 April – 9 Mei 2020. Di U16 keluar sebagai juara Kab. Semarang dengan 86.36 VP disusul SMANSA A 77.10 VP dan ketiga Sleman 1 dengan nilai 62.10 VP. Sementara itu untuk KU 16 juaranya adalah Kendal 1 yang meraih 76.61 VP disusul Semarang 1 yang meraih 75.58 VP dan peringkat 3 Banyumas 1 dengan perolehan 61.59 VP. Turnamen yang digagas oleh Kusumo Hararyo seorang guru bridge yang getol memasalkan bridge di Jawa Tengah ini bahkan menerbitkan buletin harian.
  5. Turnamen Bridge Online Kasih Bangsa yang diselenggarakan setiap weekend dimana weekend ini mempertandingkan beregu U26 dan U21.
  6. Mampang Bridge Community menggelar event pasangan setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pukul 19.00.
  7. Djarum Bridge Club menggelar latihan beregu pada setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu 2 session setiap hari pada pukul 10.00 dan 13.30.
  8. Kalimantan Pairs yang digelar setiap hari kamis yang dimainkan mulai pukul 13.30 melengkapi kegiatan mallam hari yang sudah berjalan.
  9. 3 tim Indonesia, Junior u26, Girls U26, Kids U16 sedang mengikuti 3rd World Youth Online Championship yang sudah memasuki session terakhir babak penyisihan. Kids U16 sudah dipastikan memenuhi targetnya lolos naik ke Preimer League untuk tahun 2021. Sama halnya untuk Girls U26 tapi karena ini nomor baru, jika mereka mampu bertahan di peringkat satu maka akan lolos ke babak semi final untuk memperebutkan juara. Hasil kurang baik justru dari Junior U26 yang sudah bertarung di Preimer League. Dengan posisi peringkat 7 saat ini hanya dewi fortuna yang bisa menolong mereka untuk tidak terdegradasi ke First Division tahun depan.
  10. Mulai hari ini Sabtu 9/5/2020 juga akan berlangsung final antara 2/1 Lontoh dari Indonesia melawan Vision Lin dari China di Turnamen Bridge Onlinline Bridge System Champhionship-Pacific Division. Pertarungan akan berlangsung panjang memainkan 96 papan dan pemenangnya akan berhadapan dengan juara dari Atlantic Division. Turnamen yang diikuti berbagai tim dari seluruh dunia ini digelar oleh penyelenggara dari Italia dan sudah dimulai sejak bulan Februari yang lalu.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Banggarr DPRD Beber Keluhan Komunitas Petani Sulut Terkait Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Sulutlink.com –   Terkait apa yang  dikeluhkan oleh komunitas petani  yang disampaikan pada saat reses para …