web analytics

Seni Tersendiri Trump Control

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com – Menanggapi trump dalam kontrak warna mempunyai seni tersendiri. Salah penanganan akan berakibat terjadi perbedaan yang mencolok di antara trik yang bakal diperoleh declarer. Pengolahan trump akan sering bergantung pada penanganan loser dan trik pada saat yang tepat.

Kalau lawan mempunyai peluang mendapatkan trik di trump, ada baiknya diberikan pada kesempatan awal sehingga declarer masih punya kontrol terhadap trump yang tersisa. Sebaliknya, jika tidak ada masalah di trump, lebih baik membebaskan dulu warna lain sebelum cabut trump.

Tentu saja harus dipertimbangkan agar lawan tidak mendapat kesempatan untuk ruff. Yang terbaik adalah kalau bisa cabut trump baru membebaskan warna lain.

DJika lawan pegang panjang trump, tentu saja ia akan berusaha agar declarer menggunakan trump-nya pada trik-trik awal. Untuk mengatasi hal itu, penanganan kombinasi trump harus ekstra hati-hati.

Mari kita lihat salah satu contoh keberhasilan suatu kontrak sangat ditentukan kecermatan declarer menangani pembagian trump.

S A K 10 3
H Q 7 4
D 6 5 2
C Q72
S J 9 7 6 4 S Q 8 5 2
H 10 8 3 H A 9
D 9 8 3 D A K 10 7
C 10 5 C J 8 3
S —
H K J 6 5 2
D Q J 4
C A K 9 6 4

Barat Utara Timur Selatan
1D 1H
Pass 2H Pass 3C
Pass 4H //

Barat lead D9 dengan Timur ambil DK dilanjutkan DA kemudian .D semua ikut dan declarer menang dengan DQ.
Seandainya trump terbagi 4-1, kontrak itu tidak bisa diselamatkan karena sudah kalah dua trik terlebih dahulu. Kemungkinan untuk bikin hanyalah kalau trump terbagi 3-2 dan itu pun harus ditangani dengan sangat hati-hati. Dari jalannya penawaran declarer mengetahui HA kemungkinan berada di Timur demikian juga dengan D10.

Dengan mengetahui hal itu, tentu saja akan sangat berbahaya jika declarer main H2 ke HQ dengan Timur menang HA akan serang D10 yang membuat declarer tidak berdaya menghalangi H10 Barat menjadi trik.
Main HJ atau HK juga akan berakibat sama.
Cara terbaik adalah ke dummy dengan CQ kemudian main H4. Jika Timur ambil HA, selesai masalah. Kalau Timur kecil, declarer menang dengan HJ dan kemudian agar trump tetap dalam kontrol ia harus main HK pada trik berikutnya.
Cara bermain seperti itu akan mengamankan posisi declarer. Kalau Timur pegangan HAxx, kontrak selalu aman. Kalau Timur pegang HAx juga, tidak masalah karena declarer akan ruff mengembalikan D10 declarer ruff di tangan dan jika Barat overuff di dummy masih ada HQ.

Papan berikut lebih spektakuler.

S A Q
H J 8 7 4 3
D 7 5
C K Q 7 2
S 9 6 S 10 7 4 3 2
H K Q 10 6 2 H A 9 5
D 10 3 D J 9 8 4
C J 10 8 3 C 6
S K J 8 5
H —
D A K Q 6 2
C A 9 5 4

Barat Utara Timur Selatan
1D
Pass 1H Pass 1S
Pass 2NT Pass 3C
Pass 4C Pass 4D
Pass 4S Pass 6C
//

Setelah menerima lead HK, declarer ruff dengan C4. Sudah ada empat trik Spade, tiga trik Diamond jadi tinggal butuh lima trik dari trump. Kalau pembagian trump 3-2, tidak ada masalah, tapi kalau terbagi 4-1, akan sangat berbahaya untuk cabut trump. Cara terbaik adalah main C5 dan di meja main C7 kalau Barat main C3 atau C8. Dengan cara main seperti ini kontrak sudah aman. Misalnya Barat serang H lagi declarer ruff dengan C9 main CA ke dummy dengan SA untuk cabut trump dan claim bikin.

About Redaksi 2

Check Also

5th South East Asia Bridge Federation Cup & 38th ABCC di Bangkok 18-23 Desember 2023

Pengumuman menggembirakan datang dari The Contract Bridge League of Thailand yang memberitahukan mereka akan menggelar …