web analytics

Sistem Komunikasi Kabel Laut SEA-US Telkom Akan Segera Terealisasi

ilustrasi

Sulutlink.comKema, Berlokasi di pantai Firdaus Desa Kema I dan II Kecamatan Kema Miut Kamis (6/4/2017), PT Telkom International yang merupakan perusahan raksasa di bidang telekomunikasi menggelar acara Soft Opening Cable Landing Station yang merupakan awal dari mega proyek System Komunikasi Kabel Laut SEA-US yang pertama yang menghubungkan Indonesia, Philipines dan Amerika Serikat.

Landing Station ini diresmikan bersama oleh Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan dan Direktur Network and Information Technologi (NIT)Telin, Nanang Hendarmo.

Nanang Hendarmo menjelaskan. Pemasangan kabel akan selesai pada bulan Juni, kemudian system akan beroperasi pada bulan juli. Pada saat beroperasi SEA-US akan memanjakan pelanggan layanan internet di Indonesia khususnya pelanggan korporat, indihome dan selular dengan kualitas layanan tercepat yang pernah ada di Indonesia dan Amerika Serikat.

“Dipilihnya Sulut khususnya berlokasi di pantai Kema – Minut ini karena dinilai aman, baik dari gempa dan gangguan lainnya. Sedangkan untuk jaringan yang ada sebelumnya akan membackup jaringan yang akan terpasang nanti,” katanya.

Menurut dia, SEA-US akan terintegrasi dengan system kabel bawah laut lain yang dimiliki Telkom Group, baik global maupun domestic. Mega proyek ini didukung juga oleh enam perusahan Telkom yang ada di Indonesia dan luar negeri.

Dikesempatan yang sama, Bupati Minut Panambunan merasa bersyukur dengan adanya mega proyek komunikasi bawah laut ini. “Setelah adanya Bendungan Kuwil, Jalan Tol dan Lintasan Kereta Api, kini ada proyek kabel komunikasi bawah laut ini. Saya tidak menyangka akan ada proyek komunikasi yang bergengsi dan sebesar ini di Minut. Hal ini tentunya harus disambut dengan rasa syukur karena Minut dipilih sebagai lokasi landing cable ini,” kata Panambungan.

Usai acara Soft opening cLanding Cable Station ini dilanjutkan dengan peresmian Kantor perwakilan Telin di Desa Kema I Kecamatan Kema.

Acara ini turut dihadiri Kapolres Minut AKBP Eko Irianto, Koramil Kauditan Kapten Inf. R Tamalawe, Kapolsek Kema AKP Ibrahim Abdul Wahid, Plt Sekda Minut Arnolus Wolajan, Camat Kema Alfret Pusunggula dan Hukum Tua Kema II Max Cornelezt. (red./bsb**)

About Redaksi 2

Check Also

Presiden Jokowi Serahkan Bonus bagi Atlet Paralimpiade 2020

Sulutlink – Kontingen Paralimpiade Indonesia yang meraih prestasi di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 telah diterima …