web analytics

Sosialisasi Tatib, PN Manado Gelar Pertemuan Bersama Para Advokat

Manado, Sulutlink.com – Pengadilan Negeri HI/Tipikor Manado yang diketuai Djamaludin Ismail SH MH didampingi Ketua PTUN Manado, Adhi Budhi Sulistyo, serta Humas PN Manado, Relly Behuku SH gelar silahturahmi bersama sejumlah organisasi Advokat, baru baru ini di Daun Kuring Mezzo Resto dan Caffe.

KPN dalam sambutannya, tujuan pertemuan tersebut, perlu kesamaan persepsi bagaimana mekanisme persidangan. Ada dua poin utama, tatib (tata tertib) tertib persidangan dan persidangan virtual.

“Ada dua isu terkait tertib persidangan dan persidangan virtual. Tertib persidangan, sederhana saja, datang sidang menggunakan toga, atribut yang lengkap, id card. Ada satu, dua yang non tertib, penampilan memang tidak diatur, tapi akan terlihat lebih indah jika berpenampilan yang rapi, ” Ujar KPN dalam sambutannya.

“Advokad sudah diberikan id card dari masing masing organisasi. Dalam berpakaian sekalipun hanya sebagai kuasa , bagaimana berbusana yang indah dan sopan, terlihat bagus dengan dasi, ” tambah KPN.

Lanjut KPN, tertib persidangan, juga tertib waktu. Sidang lebih cepat ,lebih baik. Ada komitmen bersama, dengan adanya kalender persidangan, sidang perdata, sidang pertama tetap mesti ada tatap muka untuk mediasi.

Terkait persidangan secara E-Court, persentasi 60 persen sudah menggunakan virtual. Dengan virtual ini lebih memudahkan. Ligitasi, bagaimana supaya kedepan lebih baik.

Dalam sesi pertanyaan dan tanggapan, Ketua PERADI Sulut, Piet Kangihade SH MH mengatakan sepakat dengan apa yang disampaikan pimpinan pengadilan tertib persidangan dan berpakaian serta dilengkapi ID card, “Kami juga dalam organisasi selalu menyampaikan hal yang sama saat pendidikan para calon advokat yang baru,” Singkatnya.

Berbeda dengan Advokad Romeo Tumbel, terkait waktu persidangan convensional (tatap-muka,red) , diharapkan para Advokat tidak menunggu terlalu lama,jika hanya agenda replik atau duplik, ketika sudah memberitahukan pada panitera kehadiran, “Diharapkan sebelum persidangan, ketika kami memberitahukan kehadiran untuk bersidang pada panitera pengganti (PP), sehingga tidak menunggu tertalu lama, jika hanya agenda replik -duplik, ” Ungkap TumbelTumbel.

Dan untuk E-court, dikatakan-nya, Terkadang mengalami kendala signal. Sehingga kadang berada di suatu tempat signal kurang bagus,

Pada intinya, ada beberapa masukan penting yang ikut menjadi aspirasi para pengacara. Di antaranya, soalnya administrasi terkait putusan, Tatib soal sidang perkara pidana, hal penundaan sidang, serta kesempatan yang adil bagi para pihak saat bersidang, bahwa Parameter pengadilan bagaimana memberikan kepuasan kepada masyarakat pencari keadilan.

Usai pertemuan, Humas PN Manado saat ditemui awak media, menerangkan kalau pertemuan ini sengaja digelar. Selain untuk sosialisasikan Tatib persidangan perdata, sekaligus mendengarkan aspirasi dari para Advokat untuk PN Manado yang lebih baik lagi.

“Pertemuan bersama para Advokat ini, secara garis besar membahas mengenai Tatib persidangan khusus perdata. Dan dalam kesempatan ini, PN Manado juga telah mendengar sejumlah masukan, dan siap disikapi untuk kemajuan bersama,” singkat Behuku.

Patut diketahui, dalam pertemuan ini telah hadir badan pengurus PERADI, KAI, PERADIN, FERARI, dan AAI.

(Serly Tasiam)

About Redaksi 2

Check Also

Galatia Karamoy Banjir Dukungan Di Ajang Grand Final Putri Kebudayaan Indonesia

Sulutlink – Galatia Karamoy asal Minahasa menjadi perwakilan sulut di ajang Putri Kebudayaan Indonesia, yang …