web analytics

Suket Discapil Sah Dipakai Warga

Sek-capil-e1488212484845Minut – Sulutlink.com. Bagi warga Minut belum memegang fisik KTP elektronik meski sudah melakukan perekaman. Namun demikian mereka bisa menggunakan surat keterangan (suket) dari Disdukcapil untuk kebutuhan khusus seperti membuka rekening bank, membuat SIM dan lain sebagainya.

“Untuk membuka rekening bank bisa menggunakan surat keterangan dari Disdukcapil untuk mereka yang sudah melakukan perekaman dan datanya sudah tersimpan tapi belum ada KTP elektronik. Ini sesuai instruksi lewat surat edaran Mendagri,” kata Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Susana Katuuk SE Rabu (21/06)
Surat keterangan dari Disdukcapil bukan sekadar surat biasa karena tertera barcode yang jika dipindai (scan) dengan alat khusus akan menampilkan data pribadi pemilik surat keterangan.
“Asalkan pemegang suket sudah lakukan perekaman dan datanya sudah tersimpan,” ungkap Mantan Camat Dimembe ini.Bagaimana kalau surat keterangan tersebut masih ditolak bank? Katuuk mengatakan biasanya hal tersebut jarang terjadi karena setiap Bank juga sudah mendapat surat edaran dari Mendagri terkait keabsahan surat keterangan Disdukcapil. “Kalau pun masih dipersulit oleh bank, silakan warga mengadu ke Disdukcapil.
Nanti kami yang jelaskan ke pihak bank. Tapi kalau mereka masih menghambat maka kami akan sampaikan ke Ditjen Disdukcapil Kemendagri RI,” terangnyaDi lain sisi, Katuuk meminta kepada warga yang sudah memiliki KTP elektronik tak sering memfotokopinya. Sebab dalam KTP elektronik ada chip yang berisi data pemegang KTP. Dikhawatirkan akibat terlalu sering difotokopi maka data dalam chip bisa tak terbaca saat dipindai. “Lebih baik saat pertama kali dapat KTP elektronik, difotokopi satu kali dan hasil fotokopi pertama itulah yang diperbanyak untuk mengurus berbagai keperluan,” kunci Katuuk (Herman)

About Redaksi

Check Also

RDP KOMISI III DPRD SULUT BAHAS ASPIRASI KELUARGA SUMEISEY TERKAIT GANTI UNTUNG LAHAN DI MINUT

Manado, sulutlink.com – Pada hari Senin tanggal 3 Oktober 2022 Komisi III DPRD Sulut telah …