web analytics

Sulawesi Utara Menghasilkan Produk Berkualitas Tapi Dirusak Oknum Tidak Bertanggung Jawab

cengkih

Sulawesi Utara adalah tanah yang diberkati sehingga menghasilkan produk-produk yang unggul. Sebut saja cengkih yang merupakan produk pertanian yang mengharumkan nama Sulawesi Utara sebagai sentra cengkih di tanah air. Meskipun hampir semua provinsi di tanah air dapat menghasilkan cengkih namun cengkih Sulawesi Utara lebih unggul dari cengkih dari daerah lain. Hal ini disaksikan oleh Michael Najoan yang pernah bekerja di perusahaan kosmetik dan herbal terbesar di tanah air yang juga menggunakan cengkih sebagai salah satu bahan baku, menurutnya ketika dia membeli cengkih, harganya bisa dua kali lipat antara cengkih dari daerah lain dibandingkan dengan cengkih dari Sulawesi Utara. Hal ini karena atsiri dari cengkih Sulawesi Utara lebih tinggi dibandingan dengan atsiri cengkih dari daerah lain. Sayangnya keunggulan ini dirusak oleh sebagian orang yang mau mengambil keuntungan lebih dari kondisi ini. Di antaranya dengan mencampur cengkih Sulawesi Utara dengan cengkih dari daerah lain. Hal lain yang memperburuk adalah cengkih yang berjamur diolah sedemikian rupa sehingga kelihatan tidak lagi berjamur dengan mencampurnya dengan minyak dan arang.

kayu olahanContoh lainnya adalah kayu nyato (nantu) yang pernah menjadi kayu unggulan untuk diekspor ke Jepang, ternyata kayu nantu Sulawesi Utara memiliki kualitas terbaik. “Sample kayu nyato dari Sulawesi Utara yang dipilih oleh konsumen dari Jepang, karena seratnya lebih padat dibanding dengan nyato dari provinsi lain”, jelas Asiong, grader kayu asal Surabaya yang pernah cukup lama bermukim di Kotamobagu ketika menjalankan tugasnya sebagai seorang grader kayu. Kelebihan nantu Sulawesi Utara juga dirusak oleh sebagian kalangan dengan mencampur nantu Sulawesi Utara dengan nantu daerah lain. Alhasil setelah diteliti di laboratorium ternyata kualitasnya berbeda dan akhirnya kehilangan kepercayaan dari konsumen Jepang.vaniliSekitar 15-20 tahun yang lalu Vanili Sulawisi Utara pun pernah menjadi produk yang diminati pasar Eropa. Sudah tentu karena kualitasnya yang tinggi sehingga produk Vanili Sulawesi Utara menjadi incaran konsumen Eropa. Apa yang terjadi dengan kayu dan cengkih dilakukan pula dengan produk Vanili. Konon, Vanili Sulawesi Utara dicampur dengan perut/usus ikan yang sudah dikeringkan sehingga bentuknya mirip dengan vanili dan setelah ketahuan pasar Eropa, vanili Sulawesi Utara dan Indonesia sulit untuk menembus pasar Eropa.

IMG00696-20160203-1258

Selain tiga contoh di atas, ada pula produk yang saat ini semakin ngetren dihasilkan oleh petani yaitu arang tempurung. Tempurung adalah produk sampingan dari kelapa yang seharusnya menjadi limbah tetapi ternyata bisa bernilai ekonomis yang cukup tinggi. Saat ini semakin banyak usahawan yang mau membangun pabrik pengolahan arang tempurung di Sulawesi Utara, baik pengusaha lokal maupun dari mancanegara. Selain arang tempurung, produk turunannya yaitu asap cair yang fungsinya sebagai pengawet makanan yang lebih kuat dari formalin memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Selain untuk pasar lokal di Indonesia, ternyata arang tempurung Sulawesi Utara dan juga asap cairnya sangat diminati konsumen mancanegara seperti dari Cina, Jepang dan Korea. Untuk arang tempurung ternyata kandungan karbon arang tempurung Sulawesi Utara lebih tinggi dan setelah terbakar menghasilkan abu putih dan untuk asap cair kandungan antibiotiknya lebih kuat namun aman bahkan untuk dikonsumsi manusia. Disayangkan produk inipun disalaholah oleh mereka yang bertangan jahil. Arang tempurung tidak jarang dicampur dengan tanah atau pasir yang sudah hangus sehingga beratnya akan bertambah cukup signifikan. Menurut Johanes, salah satu petugas quality control di sebuah perusahan pengolah asap cair, terkadang petani pengolah dengan sengaja mencampur arang tempurung dengan tanah atau pasir yang sudah hangus sehingga terlihat seperti bubuk arang yang siap diolah menjadi briket arang, inilah yang membuat kualitas arang tempurung menjadi turun, jelasnya.

IMG00701-20160203-1259

Pelajaran demi pelajaran seharusnya dimaklumi oleh warga Sulawesi utara, baik dari para petani, pengolah, pedagang maupun pengusaha. Mengambil keuntungan berlebih dengan cara yang tidak benar hanya akan memberikan keuntungan dalam jangka pendek namun dalam jangka panjang akan merusak usaha secara keseluruhan, ujar Meidy Mumu dari Sonder yang juga tertarik dengan pengolahan arang tempurung. Perlu dipikirkan dan semoga perilaku buruk itu segera ditinggalkan, lanjutnya.

About Echel

Check Also

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar Pimpin Langsung Pengangkatan Staf Khusus Bupati Tahun 2022

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati …