web analytics

Sulut Ekspor Ratusan Ton Tepung Kelapa ke Jerman

Manado, Sulutlink.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor tepung kelapa sebanyak 473 ton ke Jerman pada triwulan pertama tahun 2020, menyusul permintaan dari negara tersebut cukup tinggi,meskipun adanya pandemi virus Corona atau COVID-19.

“Tepung kelapa yang diekspor ke Jerman tersebut, mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 720.297 dolar Amerika Serikat (AS),” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Darwin Muksin di Manado, Rabu.

Dia mengatakan Jerman merupakan salah satu negara tujuan utama ekspor tepung kelapa Sulut di Benua Eropa.

Meski Jerman bukan lagi merupakan pasar baru tetapi melihat potensi pasar negara tersebut maka pelaku usaha daerah ini perlu mengoptimalkan peluang ini.

Dengan mengoptimalkan pasar ke Jerman akan mendukung program memperluas pasar ekspor yang jadi target pemerintah.

“Selama ini angka ekspor Sulut bisa dikatakan cukup baik, hanya saja negara tujuannya masih sedikit. Perlu diperluas supaya tidak ada ketergantungan misalnya bila terjadi gejolak di negara tujuan ekspor, bisa dialihkan ke negara lain, sehingga industri akan tetap jalan,” kata Darwin.

Ia berharap, ke depan bisa dikembangkan komoditi ekspor dengan kandungan lokal lebih tinggi.

Selain itu, barang-barang yang sudah diolah di Indonesia, bukan mengekspor bahan mentah, karena hal ini akan memberikan nilai tambah.

Banyak sekali negara-negara di Eropa dan Afrika serta Timur Tengah perlu digarap menjadi tujuan ekspor Sulut, katanya.

Pemerintah, katanya, akan terus mencarikan pasar baru untuk ekspor komoditas unggulan Sulut, meskipun adanya pandemi virus Corona atau (COVID-19). (ANT/Ryn)

About Redaksi 2

Check Also

Henry Walukouw, Ingatkan Terkait Pembinaan Disiplin ASN di Provinsi Sulut

Manado, Sulutlink.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) …