web analytics

Sulut Kembali Berbangga, Kezia Warouw Meraih Putri Indonesia 2016

putri indonesia 2016Hari jumat, 19 Februari 2016, 39 Puteri Cantik dan Pintar yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia bersaing untuk meraih gelar Puteri Indonesia 2016. Perhelatan Puteri Indonesia yang memasuki usia ke-20 ini berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center dan disiarkan langsung oleh Indosiar sebagai official media partner dan juga live streaming d pada pukul 20.00 WIB. Malam Puncak Puteri Indonesia 2016 yang tahun ini mengambil tema “Tingkatkan Potensi dan Daya Saing Melalui Karya dan Rasa Nasionalisme Untuk Menang di Era Persaingan Global” ini turut dihadiri oleh Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, DR.BRA.Mooryati Soedibyo, Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K.Wardani, Puteri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri dan Miss International 2015, Edymar Martinez Blanco yang berasal dari Venezuela.

Peserta Puteri Indonesia 2016 yang terdiri dari 39 finalis merupakan representatif dari 34 provinsi di Indonesia, di mana sebelumnya mereka telah meraih gelar juara dalam ajang Pemilihan Puteri Indonesia di Tingkat Daerah masing-masing. Para finalis tersebut menjalani masa karantina yang berlangsung dari tanggal 12 February hingga 19 February bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Selama menjalani hari-hari karantina Puteri Indonesia 2016, para finalis mengikuti serangkaian kegiatan yang sudah dirancang. Mulai beauty class dari tim artistik dengan menggunakan Moor’s Professional Make Up by Mustika Ratu serta perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Sari Royal Heritage Spa yang ditangani langsung oleh therapis handal. Selain itu para finalis juga mendapat pembekalan dari beberapa pakar seperti Gubernur DKI Jakarta, Bapak Basuki T Purnama, Komjen Pol, Budi Waseso, Brigjen Pol.Dr.Victor Pudjiadi SpB, FICS,DFM, Menteri Pariwisata, Bapak Dr.Ir. Arief Yahya, Msc, Ketua KPK, Ibu Basaria Panjaitan. Pembekalan ini ditujukan untuk mencari sosok Puteri Indonesia yang dicita-citakan, yaitu memenuhi kriteria 3B, Brain (Kecerdasan), Beauty (Penampilan Menarik), dan Behavior (Berperilaku Baik). Para finalis juga mengikuti seleksi psikotes, in depth interview bersama juri yaitu; Ketua Dewan Juri, Kusumadewi Sutanto, Sekretaris Merangkap Anggota, Mega Angkasa, Kepala Badan Ekonomi Kreatif dan Musisi, Triawan Munaf, Penggerak PKK DKI Jakarta, Hj Happy Djarot, Politikus muda, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Pemerhati Fashion dan Pelukis, Yulie Nasution Grillon, Puteri Indonesia 2014, Top 15 & Best National Costume Miss Universe 2014, Elvira Devinamira dan Automotive Expert, Anggota Komite Ekonomi dan Industri, Johnny Darmawan serta finalis juga melakukan tes anti narkoba yang didilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Tak hanya pembekalan dengan pakar, Finalis Puteri Indonesia juga melakukan banyak kegiatan seru seperti Photoshoot dengan 4 Official Photografer Puteri Indonesia 2016 yaitu Rudy Hari, H2 Photography, Diera Bachir Photography dan Tommy Siahaan serta shooting untuk opening Malam Puncak Puteri Indonesia 2016 di berlangsung Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya Puteri Indonesia 2016 bersama Kadin Industri Berbasis Budaya dan Mustika Ratu yang diselenggarakan di West Atrium, Living World Alam Sutera, Tangerang dengan menggunakan busana dari Alleira, Batik Ny. Indo by Priscilla Saputro, Pendopo Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia, dan sepatu dari Bellagio.

Finalis Puteri Indonesia 2016 juga diajak untuk bermain angklung di Galeri Indonesia Kaya, West Mall Grand Indonesia. Acara ini dirancang agar para finalis lebih mengenal budaya bangsa Indonesia. Sebagai wakil generasi muda yang akan mengenalkan budaya Indonesia ke mata dunia, harapannya para finalis lebih mengenal dan mencintai budaya asli Indonesia, serta mampu menjadi duta untuk mempromosikan kekayaan budaya Tanah Air hingga mancanegara.

YPI menyiapkan beberapa gelar antara lain : Puteri Indonesia 2016, Puteri Indonesia Lingkungan 2016 (Runner Up I), Puteri Indonesia Pariwisata 2016 (Runner Up II), Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, dan Puteri Indonesia Kepulauan Favorit (Sumatera, Jawa , Bali NTT NTB, Kalimantan, Sulawesi, Indonesia Timur). Untuk tahun ini Yayasan Puteri Indonesia memberikan satu lagi gelar atribut untuk dimenangkan yaitu Puteri Indonesia Busana Daerah Terbaik, ini merupakan wujud apresiasi kepada generasi muda untuk terus mempromosikan kebudayaan Indonesia hingga ke kancah Internasional.

Dalam menyambut usia ke-20 Puteri Indonesia, Yayasan Puteri Indonesia telah mempersiapkan 3 crown untuk pemenang Puteri Indonesia 2016 yang dirancang khusus oleh Emas Putih PLG dengan mengangkat tema Candi Borobudur yang merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia dan menjadi kebanggan bangsa Indonesia, warna merah pada mahkota Puteri Indonesia 2016 melambangkan keberanian rakyat Indonesia untuk cinta kepada Negara Republik Indonesia serta warna hijau pada mahkota Puteri Indonesia Lingkungan 2016, menggambarkan hutan Indonesia yang merupakan nomor 2 terbesar di dunia setelah Brazil. Serta juga menggambarkan kesejukan keberuntungan dan memberi rasa perlindungan hal tersebut sangat mewakili seorang Puteri Indonesia Lingkungan yang bertugas melindungi alam dan lingkungan Indonesia dan biru pada mahkota Puteri Indonesia Pariwisata 2016 menggambarkan lautan yang ada di Indonesia yang direpresentasikan oleh gelombang ombak laut berwarna biru. Warna biru melambangkan lautan Indonesia yang indah, dinamis, dan kelembutan. Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terbesar di dunia begitu juga dengan lautannya. Mahkota ini sangat mewakili seorang Puteri Indonesia Pariwisata yang bertugas mempromosikan pariwisata dan kebudayaan di Indonesia.

Pada tahun ini, Puteri Indonesia 2016 mengambil tema yang terinspirasi dari pesona Daerah Palembang. Karena itu, busana yang dibawakan oleh Finalis Puteri Indonesia 2016 juga menggunakan sentuhan kain-kain tradisional khas Palembang seperti songket Palembang yang diimplementasikan menjadi busana yang cantik hasil karya anak bangsa seperti cocktail dress rancangan desainer lokal kebanggan anak bangsa, Anaz Khairunnas yang didesain khusus menggunakan kain traditional salah satunya songket asli Palembang. Selain itu, desainer Galih Prakarsa, Ansoe, Nahaya Chaturina, Intan Avantie dan Anne Avantie juga memberikan performa terbaiknya dalam merancang busana yang akan dibawakan oleh para finalis di Grand Final Puteri Indonesia. Tentunya penampilan mereka kian sempurna berkat pulasan tata rias dari Moor’s Professional Make Up by Mustika Ratu serta sepatu dari Bellagio.

Puteri Indonesia 2016 terpilih akan berkesempatan membawa nama harum bangsa ke ajang Miss Universe 2016, ajang kecantikan berskala internasional yang menduduki urutan pertama terbaik dalam event sejenis. YPI juga memberikan peluang bagi Runner Up I Puteri Indonesia 2016 untuk berprestasi di ajang Miss International 2016. Sedangkan untuk Runner Up 2 Puteri Indonesia 2015 akan dikirim ke ajang Miss Supranational 2016. (http://www.puteri-indonesia.com/)

Menjadi kebanggan bagi Sulawesi Utara di mana Kezia Roslin Cikita Warouw asal Sulawesi Utara menjadi pemenang Putri Indonesia 2016 menyisihkan 38 pesaing lainnya.

About Echel

Check Also

Andrei Angouw Walikota Manado Genjot Vaksinasi Dosis Ke-2

Sulutlink – Wali Kota Andrei Angouw mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 harus terus digalakkan apalagi Kota …