web analytics

Sulut Potensi SDM, KBP2M Hendra Makalalag: Berencana Adakan Diklat Calon Pekerja Migran

adm.2.bp2mi.diklat.jan.26.2021

Hendra Toku Makalalag Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Provinsi Sulawesi Utara

“Jadikan Sulut Leading Sector PMI, kata Upt BP2MI: Penyumbang Sumber Pendapatan Daerah”

Manado, (Sulutlink.com) – Hadirnya Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sulut terus bekerja optimal guna berdayakan kaum pekerja migran Indonesia sulawesi utara bekerja diluar negeri.

Peluang ini menjadi tantangan dan harapan bagi para pencari kerja di Sulut,” kata Kepala BP2MI Sulut Hendra Makalalag kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (25/1/2021) di Manado

Dari penuturannya, terungkap bahwa pekerja migran Indonesia diluar negeri sangat diminati dimanca negara. Solusinya pemberdayaan pekerja migran indonesia penting sebelum ke negara tujuan seperti Jepang.
” Pekerja Migran awalnya dipersiapkan, bagaimana SDM-nya sedini mungkin agar mereka dapat diterima untuk bekerja,  dan bahwa bekerja diluar negeri tujuan utamanya target menjadi sumber penghidupan dia, juga sumber pemasukan pendapatan  devisa bagi daerah.” tutur Makalalag.

Data menyebut, jumlah tenaga kerja atau pekerja migran asal sulut diluar negeri sudah mencapai puluhan ribu pekerja, mereka itu tersebar di sejumlah negara seperti Jepang, China, Hongkong, dan Singapore maupun negara-negara asia tenggara lainnya

” pekerja kita , (indonesia) sangat dibutuhkan diluar negeri, dengan pembayaran upah pekerja diluar negeri sangat menjanjikan, selain upah tersebut dikirim  untuk keluarga mereka di Sulut”

Diketahui upah  diperkirakan capai 15 hingga 20 juta rupiah perbulan,” imbuhnya

Makalalag  menyayangkan karena saat ini pekerja migran kita, rata-rata tidak lewat sulut tapi melalui daerah lain. Dan sangat disayangkan ada pihak-pihak terkait katakanlah sindikat,  memanfaatkan para pekerja migran kita

” tantangan ini segera diantisipasi dan akan diselesaikan. Apabila daerah memperhatikan peluang ini maka tentu kami akan bentuk satgas guna mengungkap para sindikat,” tukas Makalalag

“Terkait program kerja BP2MI di sulut berharap, Gubernur Olly Dondokambey dapat menerima kehadiran kami ini”

Sementara,  saat ini kami sudah menyurati ke pak Gubernur, dan berharap bisa ada komunikasi untuk bertemu, dengan bermaksud aktivitas kami sudah bisa diketahui pemerintah provinsi sulut. Tujuannya akan terbentuk suatu kerja sama dalam hal kebijakan terkait penganggaran melalui APBD Provinsi.

Upaya ini tentu membutuhkan kerja keras kami dan bersinergitas dengan stakeholder sampai mendapat persetujuan secara finansial dari APBD, maka dengan topangan anggaran dimaksud BP2MI akan membuka program pendidikan dan pelatihan (diklat) dalam rangka meningkatkan SDM yang berkualitas dan profesional pekerja migran indonesia.

Sementara yang paling utama dan penting adalah, tidak berhenti sampai disitu saja namun waktu untuk sosialisasi program, visi dan misi BP2MI jalan terus, Jadikan Sulut Leading Sector Pekerja Migran dalam rangka mewujudkan cita-cita kaum pekerja migran indonesia dapat terealisasi,” tandas Makalalag. (Rel)



About DeProS Red

Check Also

Justman Entjaurau ST Terpilih Kembali Ketua Ikapolimdo Periode 2022-2024

  Manado, sulutlink.com – Kegiatan Rapat Musyawarah Besar (mubes) ke IV Pemilihan Ketua Umum Periode …