web analytics

Sulut Waspada Cuaca Ekstrim Hingga Potensi Banjir

doc. BMKG

Manado, Sulutlink.com – Bibit siklon tropis 94W terbentuk di wilayah Samudra Pasifik. Sulawesi Utara diminta waspadai cuaca ekstrim hingga potensi banjir bandang.

Menurut satelit BMKG bibit siklon tropis yang terdeteksi di -5.8 LU-141.1 BT menunjukan itu menunjukkan adanya pertumbuhan awan konvektif yang persisten dan cukup signifikan di sekitar sistem dalam enam jam terakhir.

“Bibit 94 W berada di lingkungan yang cukup mendukung dengan suhu muka laut hangat (29-30ºC), konvergensi level bawah lemah (10-20s-1), divergensi lapisan atas sedang (20-30s-1), vertical shear lemah (5-10kt), dan vortisitas lapisan bawah sedang,” kata Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto melansir detik.com.

Guswanto mengatakan model skala global menunjukkan bibit ini akan menuju arah barat laut seiring dengan meningkatnya intensitasnya.

94W memiliki potensi untuk mencapai intensitas siklon tropis dalam 24 jam kedepan dalam kategori sedang.

Bibit siklon tropis 94W, dalam 24 jam, dapat memberikan dampak tidak langsung sehingga peringatan bencana pun akibat 94W pun dikeluarkan BMKG.

Adapun sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak bibit siklon tropis 94W diantaranya Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Dalam hal ini Guswanto menekankan wilayah Sulawesi Utara dan Maluku Utara berada dalam level ‘waspada’ untuk potensi banjir/bandang dalam dua hari kedepan. Hal ini berdasarkan prakiraan berbasis dampak.

(ryn)

About Redaksi 2

Check Also

Forum Pimpinan DPRD Se Sulut, FAS: Dipercayakan Sebagai Pimpinan Perlu Terus Mengupgrade Pola Pikir

  Manado, Forum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali digelar. …