web analytics

TAGANA SULUT SIAP LAKSANAKAN TIGA VISI: “ANTISIPASI SIAGA DARURAT BENCANA”

Sulutlink.com – Akhir-akhir ini Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami kondisi cuaca ekstrim bahkan cuaca tidak menentu. Hujan bersama angin kencang dan angin penting beliau membuat warga Sulut waspada karena akibat hujan terus menerus hingga berdampak terjadinya bencana berupa bencana longsor, pohon-pohon roboh.

Menengok kebelakang seperti bencana abrasi pantai di Minahasa Selatan beberapa pekan lalu, hal ini patut di waspadai sedini mungkin.

Keadaan seperti ini, mendapat perhatian serius pemerintah provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Sosial Provinsi Sulut.

Untuk itu, Kabid Linjamsos Dr. Zulkifly Golonggom M.Si yang didampingi Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sulut, Gland Rindengan SE mengatakan akan menggelar Apel Kesiap-siagaan bencana, pada Senin 25/7/2022 mendatang di halaman Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulut.

” ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada kondisi siaga darurat bencana.” tandas Golonggom kepada wartawan Jumat, 22/7/2022.

Lanjutnya, tujuan dilaksanakan Apel Siaga Darurat dalam rangka kesiapan pihak terkait bila terjadi bencana Banjir, Tanah Longsor dan angin Puting Beliung maupun Tsunami.”jelas Golonggom

Diketahui Tagana akhir-akhir ini memang dengan banyaknya tugas yang harus dipacu maka oleh sebab itu Tagana setiap waktu siap dibutuhkan, bahkan dengan semangat dan keikhlasan apapun yang dilakukan dalam kebencanaan hal ini tidak lepas bekerja untuk misi kemanusiaan.

Oleh sebab itu, Misi Tagana yang merupakan wadah organisasi pelayanan sosial atau pelayanan sosial kemanusiaan memiliki berbagai karakteristik dan keahlian yang tak lepas dari peran serta menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai Visinya yakni: menjadikan Tagana sebagai relawan penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang bermartabat dan handal di bidang bantuan sosial antara lain:

1.Membekali keahlian yang cukup melalui pendidikan dan pelatihan secara periodik sesuai jenis-jenis bencana.

2. Meningkatkan inovasi dalam penanggulangan bencana dengan memanfaatkan potensi di lingkungannya.

3.Memberikan pemahaman tugas pokok dan fungsi Tagana dalam penanggulangan bencana. **/editor – Karel.

About DeProS Red

Check Also

DPP PARTAI DEMOKRAT TUNJUK DR. DIDIK MUKRIANTO PLT KETUA DPD PD PROV KEPRI, GANTIKAN ASNAH MUNDUR DARI JABATANNYA

  JAKARTA, sulutlink.com – Menindak lanjuti pengunduran diri Ketua DPD PD Provinsi Kepri Asnah, DPP …

Leave a Reply