web analytics

Tajamnya Analisa Zia Mahmood

Oleh : Bert Toar Polii

 

Sulutlink.com – Salah satu pemain bridge yang difavoritkan banyak penggemar bridge adalah Zia Mahmood.
Pemain flamboyant asal Pakistan yang dulu pernah bertanding ke Indonesia saat masih membela Pakistan ini selain pintar gaya mainnya yang urakan menjadi menarik untuk dibicarakan.
Apalagi pemain yang pernah mengidolakan pemain kita Denny Sacul ini memang ganteng dan juga selain prestasi bejibun ia juga telah menulis beberapa buku.
Sayang sekali untuk The World Bridge Team Championship 2021 di Salsomagiore tahun depan kita tidak dapat melihat aksinya karena ia gagal lolos untuk mewakili Amerika Serikat di kelompok senior.
Papan dibawah ini diambil dari Seleknas bridge Amerika Serikat untuk menentukan tim senior yang akan mewakili Amerika Serikat. Lawannya Jeff Meckstroth justru yang lolos mewakili AS. Namun Meckstroth tidak bermain dengan partner tetapnya Rodwell yang memilih untuk tidak bepergian saat pandemic covid-19.

Papan 77. Dealer Utara. Tidak Vul.
S 8 7 5 2
H K Q J 8 5

D A 10 9 8

C —

S — S Q J 3

H A 10 7 6 H 4 3

D K Q 6 D 7 5 3 2

C K 9 7 6 4 2 C Q J 10 5
S AK 10 9 6 4

H 9 2

D J 4

C A 8 3

Barat Utara Timur Selatan
Gupta Passell Lall Levine

— 1H Pass 1S

2C 2S1 3C 4C
Pass 4D Pass 4S

Semua Pass

Naren Gupta memilih pass ketimbang bid sacrifice 5C sehingga lawannya bermain dengan tenang di kontrak 4S. Menerima lead DK declarer ambil DA cabut spade dan menyerah 3 trik kelawan kontrak bikin atau dapat 420.
420.

Barat Utara Timur Selatan
Meckstroth Garner Wold Mahmood
— 1H Pass 1S

2C 2S1 3C 4C
Pass 4D Pass 4S

5C Pass Pass 5S Semua Pass

1. Dukungan spade 4 kartu.

Leadnya sama DK, Zia menang dengan ace kemudian dari dummy dimainkan S2 dimana Ketika timur main S3, Zia dengan tenang main S4 dan Ketika Meckstroth ikut dengan Club, Zia klaim 4S plus 1 atau 450 dan menang 1 imp. Suatu permainan menakjubkan yang dipertontonkan Zia dan John Carruthers editor dari IPBA Buletin kemudian menanyakan dasarnya sehingga ia bisa bermain seperti itu.

Ini jawaban Zia:
“Ada beberapa alasan:
(1.) Saya berada satu ruangan bersama Meckstroth , jadi lebih penawarannya.
(2.) Dia membiarkan kita bid dulu dimana kita telah menunjukan kekuatan terutama setelah saya cue-bid 4C baru ia bid 5C.
Mengapa ia tidak langsung bid 5C setelah saya 4C ini sangat mencurigakan.

Ketika dia menawar 5 klub, saya memberi tahu dia, ‘Jeff, kamu sial, aku tahu seberapa baik kamu , karena pemain bagus hanya menawar seperti itu ketika dia ingin di double. Anda harus void S
(3.) Bentuk permainan terburuk bagi saya adalah bridge online karena Itu menghilangkan kemampuan pemain alam untuk mengetahui situasi pemain di meja. Kali ini saya beruntung karena lawan lawan berada di ruangan yang sama dan saya bisa ‘merasa’ bahwa Jeff senang untuk di double.
Lagi pula, seberapa sering Anda memiliki kesempatan untuk bermain
dua-tiga-empat sebagai kemahiran pada trik pertama?

About Redaksi 2

Check Also

Zodiak Minahasa

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Ternyata dotu-dotu Minahasa dari dulu selalu mengawasi dengan …