Tanggap Aspirasi !!! Komisi IV DPRD Sulut Cek On The Spot Kegiatan Tambang Batu Tateli

Manado,Sulutlink.com- Menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait persoalan kerakyatan yang terjadi di Kecamatan Mandolang, Senin (4/2/2019) Komisi IV DPRD Provonsi Sulut turun lapangan melakukan cek on the spot kegiatan perusahaan tambang batu di Tateli.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulut James Karinda usai peninjauan lapangan kepada sejumlah awak media menegaskan, semua perusahaan tambang batu yang belum mempunyai izin harus ditindak tegas oleh instansi terkait.

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Provinsi Sulawesi Utara harus melakukan pengawasan melekat terkait temuan lapangan di kegiatan penambangan batu ini.

“Fungsi pengawasan sudah kami jalankan termasuk control dan kami menindaklanjuti kesepakatan tahun 2016 lalu. Nanti Kecamatan akan segera memanggil perusahaan tambang yang belum memiliki izin tambang maupun izin lingkungan,” tegas” politisi Partai Demokrat.

Ditambahkannya, Komisi IV juga menyorot terkait temuan dimana sumber mata air bersih untuk warga di Tateli, didapati telah tertinbum material batu dan ini sangat mengganggu jalannya sumber air untuk warga.

Dijelaskannya, Komisi IV akan mendatangi kembali dan melihat apakah masalah izin penambangan perusahaan sudah sesuai peruntukan atau tidak dan bagitu juga dengan masalah sumber air bersih apa sudah terselesaikan.

Peninjauan lapangan dipimpin langaung oleh Ketua Komisi IV James Karinda SH, dan didampingi Pdt Meiva Salindeho-Lintang, Inggrid Sondakh, Lucia Taroreh, Herry Tombeg dan Fanny Legoh serta instansi terkait seperti DLH Daerah Sulut, Dinas Tenaga Kerja Sulut, dan Pemerintah Kecamatan Mandolang dan Pemerintah Desa, Perwakilan perusahaan penambang batu serta tokoh masyarakat. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login