web analytics

Tas Anyaman Sulut: Buatan Lokal yang Artistik

Sulutlink.com – Bagi kaum perempuan, tas merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Perempuan mana yang tidak menyukai tas? Ini adalah salah satu peluang yang sedang dikembangkan di Sulawesi Utara. Sekarang ini, Tas Anyaman Plastik lagi diminati di Sulut.

Apa yang unik dari Tas Anyaman ini? Tas yang bahan baku terbuat dari plastik ini memiliki aneka warna dan artistik sesuai dengan keinginan pelanggan.

Menurut Merry Karowan, Ketua Asita Sulut, Tas Anyaman ini buatan lokal Indonesia tapi tidak kalah menarik dengan Bottega Veneta buatan Itali. Tas Anyaman ini dibuat berbagai model kekinian dengan harga terjangkau sehingga Tas ini laris manis dan diminati ibu-ibu di Sulut. Buktinya sudah banyak orderan sebelum produk lokal ini masuk ke retailer.

Ketua DWP Dinas Kop n UMKM Prov Sulut, Ms Ellen Sorongan Cumentas

Melihat begitu besar peminat Tas Anyaman ini, sehingga dari Dekranasda Sulut mendatangkan Tutor Pengrajin dan langsung mengadakan pelatihan selama 3 hari di desa Marinsow, Kawasan KEK Likupang.

Soal proses pembuatan, tidaklah rumit. Buktinya dalam pelatihan, peserta yang terdiri dari ibu-ibu langsung dapat memproduksinya sendiri pada hari kedua dan ketiga.

Merry Karouwan, salah satu pemerkasa pelatihan dan juga distributor tas ini mengatakan animo ibu-ibu terhadap Tas Anyaman ini sangat luar biasa.
“Tas yang saya pakai sering dibeli dan mengharuskan saya pulang dengan membawa tas kresek,” kata Merry sambil tersenyum.

Buatan lokal punya keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Soal mutu dan model dari Tas Anyaman ini sangat terbuka lebar untuk pasaran bahkan bagi para pelancong yang berkunjung di Sulawesi Utara. Mari kita support buatan lokal dan bangga produk Indonesia.

(Denny Sondakh)

About Redaksi 2

Check Also

China & Thailand Pimpin Derek Zen Online Youth Tournament, Indonesia Juru Kunci

Hongkong Contract Bridge Association berinisiatif mengadakan Online Youth Tournament yang mempertandingkan kelompok umur U25, U20 …