web analytics

Tawaf – Tradisi Unik Kampung Arab Manado

IMG_20170626_135549Sulutlink, Manado. Setiap Tanggal 2 Syawal usai Idul Fithri ada tradisi unik yang dilakukan rutin oleh warga keturunan Arab di Kota. Manado dengan melakukan Tawaf disetiap rumah kompleks perkampungan Arab atau dikenal dengan Kelurahan Istiqlal Kecamatan Wenang Kota Manado.

Tradisi Tawaf ini telah turun – temurun dipelihara dan setiap tahun di hari Kedua Idul Fithri semua warga keturunan Arab di Sulut bahkan dari luar daerah berbondong-bondong pulang kampung di Kampung Arab ini untuk bertemu dan bersalam-salaman.

Djafar Alkatiri salah satu warga keturunan Arab di Manado mrnjelaskan bahwa seiring dengan kemajuan dan nilai-nilai kehidupan sosial warga Sulut yang terkenal dengan toleransi yang tinggi.

Sehingga kegiatan Tawaf atau berkeliling perkampungan Arab telah diikuti warga  lain non Arab, bahkan tidak hanya umat Islam saja tetapi seluruh umat beragama berbaur bersama bersalam-salaman dan saling bersilahturahim mempererat krbersamaan dan toleransi beragma.

Karena memiliki nilai-nilai persatuan yang luhur, maka Pemerintah baik Propinsi dan Pemerintah Kota Manado turun secara langsung baik Gubetnur dan Walikota berkeliling dengan jalan kaki di perkampungan warga keturunan Arab di Manado, jelas Dhafar Alkatiri, mantan anggota DPRD Propinsi Sulut ini. (jansen)

About Redaksi 2

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …