web analytics

Terobosan-Terobosan Kreatif Polda Sulut

Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas bidang operasional kepolisian di jajarannya, maka Polda Sulut telah membuat 12 (dua belas) terobosan kreatif, yaitu:

1. Program “Brenti Jo Bagate”
Program ini menyerukan agar warga Sulawesi Utara yang memiliki kebiasaan menenggak minuman beralkohol agar berhenti mengkonsumsi minuman ini. Karena sesuai data, jumlah kejahatan yang terjadi sebagian besar bersumber dari mengkonsumsi minol.

2. Kampung bebas Miras
Membuat suatu lingkungan atau kawasan yang bebas dan bersih dari pengaruh minuman beralkohol, mulai dari penjual, pembeli dan yang megkonsumsi serta seluruh warga yang ada ditempat tersebut.

3. Mapalus Kamtibmas
Program ini merupakan kerja sama Polisi Bhabinkamtibmas dengan aparat Desa termasuk Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama yang ada di desa/kelurahan untuk menyelesaikan konflik atau permasalahan secara kekeluargaan, musyawarah mufakat tanpa harus dibawa ke ranah hukum (restorative justice).

4. Patroli Rayon
Upaya preventif Polda Sulut dalam menangkal berbagai bentuk kejahatan dengan mengefektifkan kegitan patroli Sabhara dalam beberapa zona atau rayon.

5. Pastori Mitra Polisi
Polisi menggandeng semua elemen masyarakat termasuk Tokoh Agama dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

6. Apel Perangkat Desa
Kerja sama dengan perangkat desa dalam menyampaikan berbagai program kepolisian.

7. Polisi Peduli pengangguran
Polisi juga peduli terhadap pengangguran dengan melaksanakan pembinaan terhadap mereka agar tidak terlibat dengan aksi kriminalitas.

8. Polisi Peduli Generasi Muda
Mengajak generasi muda agar selalu melakukan kegiatan yang positif sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

9.Tour Bhabinkamtibmas
Bhabinkamtibmas melaksanakan sambang desa, door to door, sehingga warga merasa terlindungi dengan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat.

10. One Way Traffic
Keadaan lalu lintas Sulut khususnya Kota Manado yang semakin macet membuat jajaran Kepolisian khususnya Dit Lantas membuat program one way traffic (program searah) untuk mengurangi kemacetan yang ada.

11. Jalur Biru
Program ini berkaitan dengan lalu lintas khususnya jalur kendaraan angkutan kota (angkot), sehingga kesemerawutan lalu lintas akibat angkot bisa berkurang.

12. Kawasan Tertib Lalu Lintas.
Di setiap Polres jajaran kini telah memiliki kawasan tertib lalu lintas sebagai kawasan percontohan yang dilengkapi dengan aturan dan rambu lalu lintas. (HumasPoldaSulut)

1 (4)

About Echel

Check Also

Wagub Steven O E Kandouw Lantik Pejabat Fungsional di Aula Mapalus

Manado, Sulutlink.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O E Kandouw melantik Pejabat Fungsional Tertentu …