web analytics

Tetty Paruntu Intruksikan Kader Dan Saksi Cegah Penggembosan Suara Partai Golkar

Minsel,Sulutlink.com- Kegiatan Pemilu di masing-masing TPS telah usai, namun tidak membuat jajaran Partai Golkar Sulut hanya diam dan berpangku tangan.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulut DR Christiany Eugenia Paruntu,SE Jumat (19/4/2019) telah mengeluarkan intruksi politik kepada jajaran kader dan saksi Partai Golkar, untuk mengawal perolehan suara di tiap daerah agar tidak digembosi oleh pihak lawan.

Menurutnya, sebagian besar penghitungan suara dan pembuatan berita acara serta sertifikat hasil penghitungan suara atau formulir C dan C1 telah selesai.

Ditambahkannya, untuk mencegah perbuatan penggembosan hasil suara Golkar, maka setiap saksi TPS dan kader Golkar memastikan mempunyai bukti foto plano C1 dan menerima salinan formulir C serta C1 dari KPPS di TPS masing-masing.

“Jika tidak menerima, laporkan ke Pengawas Pemilu terdekat, untuk diproses tindak pidana Pemilu dengan ancaman pidana kurungan 1 (satu) tahun penjara dan denda paling banyak 12 juta rupiah, sebagaimana dimaksud dalam pasal 506 UU nomor 07 tahun 2017,”jelas Tetty Paruntu.

Dia juga berharap bagi yang bukan saksi, agar dapat mengecek hasil penghitungan suara di aplikasi KPU SITUNG dan juga mengecek kewajiban PPS untuk mengumukan hasil penghitungan suara di wilayah kerjanya.

Tetty Paruntu juga menegaskan, apabila menemukan data perolehan suara yang tidak singkron, agar dapat melakukan keberatan di rekapitulasi PPK dan KPU serta melaporkan ke Pengawas Pemilu terdekat dengan menyertakan alat bukti.

Dengan diserahkannya data hasil suara di TPS ke PPS, maka sesuai jadwal KPU RI tahapan rekapitulasi ditingkat PPK (Kecamatan) akan dimulai dari tanggal 18 April s/d 4 Mei 2019. (JoTam).

About Redaksi 1

Check Also

Meidy Tinangon Jadi Nara Sumber Pada Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penguatan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan

  ” Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan: Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa” Januari 27.2023.admin.karel tangka …