web analytics

The Danger Hand

Manado, Sulutlink.com – Dalam permainan notrump, kita sering dihadapkan pada kondisi dimana ada salah satu lawan yang menjadi tangan yang berbahaya. Mengapa? Karena lawan tersebut memilki beberapa kartu tinggi yang kalau bisa dimainkan akan mengakibatkan kontrak yang dicapai terancam gugur. Salah satu contoh sederhana:

Utara
S 65
Barat Timur
SKQJ109 S 874
Selatan
S A32

Anda bermain pada kontrak NT dan lawan lead SK. Tentu saja anda biarkan lawan menang pada dua trik pertama dan pada trik ketiga anda menang dengan SA. Pada kasus ini Barat menjadi “danger hand” karena memiliki 2 kartu spade yang sudah tinggi. Sebaliknya timur bukan tangan yang berbahaya. Persoalan yang muncul bagaimana anda mengetahui siapa yang pegangan 2 trik spade yang tersisa. Sebab, bisa saja kombinasi pegagan barat-timur menjadi SKQJ dan 109874. Dalam situasi ini malah timur yang menjadi “danger hand” bukan barat.

Memang agak sulit menentukan mana tangan berbahaya jika tidak ada informasi dari jalannya penawaran. Tapi, dalam permainan notrump, cenderung akan lead dari warna panjang.
Pada contoh berikut sedikit lebih sulit:

Utara
S 65
Barat Timur
SAQ932 S 108
Selatan
S KJ6

Kembali anda bermain pada kontrak NT dan barat lead S3 yang menunjukan pegang panjang di spade. Di dummy anda main S5 dan timur main S10 yang anda menangkan dengan SJ. Apa data yang anda dapat dari permainan awal ini?. Anda tahu barat pegangan spade panjang karena lead angka 3 sedangkan timur main angka 10 (paling tinggi sesuai aturan “third hand high”). Kesimpulan yang bisa anda ambil berdasarkan data yang terkumpul, barat pegang SAQxx(x). Sekarang siapa yang menjadi tangan yang berbahaya? Kalau pada contoh pertama adalah barat karena pegang spade panjang maka pada contoh kedua yang menjadi tangan berbahaya bukan barat tapi timur. Mengapa? Karena jika timur mendapat trik, SK6 dari anda akan dijepit yang membuat barat mendapat 4 trik yang tersisa.
Kalau kita definisikan, kira-kira “The Danger Hand” adalah tangan dimana jika mendapat trik akan membahayakan declarer dalam dua hal, pertama akan mengambil kartu tinggi ditangannya dan kedua jika mendapat kesempatan lead akan membahayakan declarer karena honor declarer akan terjepit.

Utara
S 6
Barat Timur
SAQ92 S 8
Selatan
S K6

Coba berikan kesempatan kepada timur, ia akan main S8 dan declarer tidak berdaya untuk membendung barat mendapat 4 trik spade.
Mari kita lihat contoh dalam permainan.

1/U/- S 75
H AQJ
D AQJ104
C 987
S KJ864 S Q109
H 9852 H 10643
D 53 D K76
C K6 C 543
S A32
H K7
D 982
C AQJ102

Barat Utara Timur Selatan
1D Pass 2C
Pass 2D Pass 3NT
//

Kontrak 3NT dan barat lead S6 dan sebagai declarer anda hold-up dua kali spade dan baru menang dengan SA pada trick ketiga dimana di dummy anda buang C7. Selanjutnya anda tahu, barat pegang 2 kartu spade yang sudah tinggi (ingat dalam kontrak NT lawan umumnya memilih lead dari warna panjang). Trik yang sudah anda miliki baru 1 trik spade, 3 trik heart, 1 trik diamond dan 1 trik club baru ada 6 trik dan masih butuh beberapa trik lagi untuk memenuhi kontrak. Ada dua warna yang bisa dibebaskan untuk mendapat 3 atau 4 trik tambahan, yaitu diamond dan club, pilih yang mana? Kalau anda memilih bebaskan diamond, anda langsung main D9 dan dimeja main D4 dan seterusnya. Kalau DK tidak berhasil kena potong berarti timur yang menang. Sebaliknya kalau bebaskan club, anda harus menyeberang ke dummy dengan heart kemudian main C9 dan kalau gagal berarti barat yang menang.

Untuk menentukan warna mana yang akan dibebaskan maka ingat dimana “the danger hand”. Karena barat lead S6 maka kemungkinan besar spade yang tinggi berada di barat jadi warna yang harus dibebaskan adalah diamond. Karena kalau timur yang menang ia tidak memiliki spade lagi (kecuali spade terbagi 4-4 dan itu tidak berbahaya kontrak tetap aman).

(Bert Toar Polii)

About Redaksi 2

Check Also

Mengintip Peluang Indonesia di The 4th Asia Cup Bridge Championship

Pada tanggal 19-25 Oktober 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah The 4th Asia Cup Bridge …