web analytics

The Tower Mulai Dibangun Bakal Jadi Pesaing Burj Khalifa

the-tower-at-dubai-creek-harbourMungkin ini ambisi mega proyek dunia di negara teluk yang dikenal raja minyak dan gedung pencakar langit. Belum sempat negara lain menandingi rekor gedung tertinggi di dunia, pemerintah Uni Emirat Arab memulaikan pekerjaan konstruksi The Tower yang nantinya akan berdiri lebih tinggi dari Burj Khalifa yang masih memegang rekor gedung tertinggi di dunia.

Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum melakukan peletakan batu pertama The Tower di Dubai Creek Harbour, Senin (10/10/2016), seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Menurut sebuah pernyataan yang dirilis pada saat upacara peletakan batu fondasi itu, The Tower akan menjadi menara tertinggi di dunia ketika selesai dibangun pada tahun 2020.

Tinggi The Tower akan melampaui Burj Khalifa, gedung pencakar langit setinggi 2.700 kaki atau 828 meter, yang juga terletak di Dubai, ibu kota UEA.

Raksasa real estat UEA, Emaar Properties, Dubai, yang juga membangun Burj Khalifa pada 2010, telah mengumumkan rencana pembangunan gedung pencakar langit terbaru itu pada April lalu.

The Tower dirancang oleh arsitek Spanyol-Swiss, Santiago Calatrava.

Di lantai teratas, akan terdapat dek observasi yang akan memberikan pemandangan 360 derajat sehingga pengunjung dapat melihat seantero kota.

Ketinggian pasti menara tersebut masih belum diketahui. Bos Emaar, Mohammed Alabbar, seperti dilaporkan Xinhua, mengindikasikan, struktur bangunan The Tower akan menjadi “satu tingkat lebih tinggi dari Burj Khalifa”.

Laporan media lokal membocorkan informasi yang belum dikonfirmasi bahwa The Tower lebih tinggi 100 meter dari Burj Khalifa.

Alabbar mengatakan, gedung pencakar langit akan selesai dibangun sebelum Expo 2020, pameran perdagangan internasional dengan Dubai bersiap diri menjadi tuan rumahnya.

Dubai telah memiliki reputasi untuk membangun puluhan gedung pencakar langit futuristik, yang telah mengubah cakrawalanya.

Menteri Kabinet UEA Mohammed Al-Gergawi mengatakan, proyek bernilai satu miliar dollar AS itu merupakan fase baru dalam mengembangkan visi Sheikh Mohammed bagi posisi negara teluk itu sebagai ikon baru kemanusiaan.

Di sisi lain, raja properti Arab Saudi juga sedang membangun sebuah menara di Jeddah, yang direncanakan akan menjulang lebih dari satu kilometer, melampaui tinggi dari Burj Khalifa.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Personel Polres Talaud Beserta Jajaran Amankan Jalannya Kegiatan Gerbangdutas yang Dihadiri Langsung Menko Polhukam Mahfud MD

Talaud, Sulutlink.com – Personel Polres Kepulauan Talaud dan jajaran mengamankan jalannya kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu …