web analytics

Tiga Tahun Kepemimpinan James Sumendap – Jocke Legi Terus Bawa Perubahan dan Prestasi

Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi

Minahasa Tenggara. Sulutlink – Tiga Tahun Kepemimpinan James Sumendap – Jocke Legi (JS-Oke) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), pada 25 September 2021, terus membawa perubahan dan segudang prestasi.

Perkembangan dan kemajuan daerah pun terus tampak, melalui optimalisasi dalam berbagai program yang ada di segala bidang.

Capaian lima program sukses mereka di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, perekonomian, pembangunan, lingkungan hidup, dan pemerintahan, bisa terlaksana dengan baik.

Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi

Pasangan JS-Oke mampu memacu jajarannya mewujudkan misi Kabupaten Mitra yang menjadi komitmen awal mereka, yaitu terwujudnya Mitra yang ‘berdaulat, berdikari, dan berkepribadian’.

Selain itu, sinergitas dengan DPRD, dan instansi lainnya, seperti Kejaksaan, TNI, dan Polri, serta dukungan masyarakat turut menjadi kunci kesuksesan JS-Oke dalam tiga tahun kepemimpinan mereka.

Bersama Jocke Legi, Bupati James Sumendap mampu meneruskan salah satu perubahan paling ‘radikal’ yang diambilnya kala memimpin Mitra di periode pertama, yakni perubahan sistem pengelolaan keuangan yang taat aturan, akuntabel, dan sesuai Standard Akuntansi Pemerintah (SAP).

Penyerahan Penghargaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Raihan opini WTP dari BPK RI enam kali berturut-turut atas laporan administrasi keuangan yang baik menjadi ganjaran kinerja JS-Oke dan jajarannya.

Prestasi lainnya yang sangat membanggakan adalah bidang pencegahan korupsi, di mana pemerintah kabupaten meraih MCP (Monitoring Center of Prevention) 91 persen tertinggi di Sulut.

Masih berkaitan dengan sistem MCP Korsupgah KPK, di mana penerapan sistem pengawasan keuangan desa merupakan salah satu indikator penilaian, Pemkab Mitra resmi meluncurkan penggunaan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes).

Penyerahan Penghargaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

“Ini untuk meningkatkan kapasitas aparatur pengawasan internal pemerintah dalam melakukan pengawasan di desa dengan menggunakan teknik audit berbantuan komputer. Paling tidak mampu meminimalisir penyimpangan yang terjadi dalam pengelolaan dana desa,” ungkap Sekretaris Daerah, David Lalandos.

Sementara di bidang kesehatan, penanganan pandemi tetap menjadi fokus dan komitmen pemerintahan JS-Oke.

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Mitra mendirikan Rumah Isolasi Terpusat di Pantai Lakban Ratatotok, sebagai upaya untuk memutus mata rantai COVID-19.

Program Membangun Rumah Isolasi Covid – 19

Selanjutnya dengan menggandeng unsur TNI-Polri, Kejaksaan, dan instansi lainnya, level PPKM di Kabupaten Mitra terus turun ke level tiga, sedangkan peta zonasi saat ini berada di risiko sedang (Zona Kuning).

Upaya lainnya, yakni program vaksinasi COVID-19 juga terus dipacu dan membuat capaian vaksinasi dosis satu saat ini berada di kisaran 51,7 persen.

Bupati Saat Vaksin

Walau dengan segudang prestasi yang ada, James Sumendap sendiri pernah menuturkan bahwa hasil yang diraih bukanlah capaian akhir.

Segudang prestasi yang diraih ini tetap membuatnya mawas diri, bahkan mengakui masih akan melakukan pembenahan.

Foto Saat Rapat Di Alam Terbuka

“Tiga tahun kepemimpinan bentuk konsekuensi seorang pemimpin. Jabatan bupati itu temporary. Tapi target saya RPJMD dan RPJP selama hampir 10 tahun kita akan kejar supaya saya tidak punya hutang bagi rakyat Mitra,” pungkas Gladiator Politik, sapaan akrab bupati.

Berikut beberapa torehan prestasi dan penghargaan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi:
• Menerima Tanda Kehormatan Presiden Satya Lencana Pembangunan di Bidang KB tahun 2018.
• Menerima Piagam Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Pratama Tahun 2018.
• Menerima Penghargaan Atas Prestasi Dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 dari Kemneterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Predikat “B”.
• Penghargaan Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan Tahun 2019.
• Penghargaan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Pemerintah Tahun 2019 Peringkat Ketiga Kategori Menuju Informatif.
• Penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2019 Kategori Pratama.
• Meraih capaian tertinggi Monitoring Center of Prevention (MCP) KPK di Sulawesi Utara yakni mencapai 91 persen dalam hal pencegahan korupsi.
• Meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 untuk yang Kelima kalinya.
• Menerima Penghargaan Presiden Melalui Menteri Keuangan Atas Keberhasilan Meraih 5 kali Opini WTP Secara Berturut-Turut Tahun 2020.
• Rangking 1 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) se-Sulut, serta sejumlah prestasi dan penghargaan lainnya. (Rusli)

About Redaksi 2

Check Also

Polisi Terus Awasi Distribusi BBM di Kepulauan Talaud

Talaud, Sulutlink.com – Pihak Kepolisian Resor Kepulauan Talaud melalui Polsek Melonguane menggelar patroli dialogis dalam …