web analytics

Tingkat Partisipasi Pilkada Sulut Siqnifikan, Ungkap Mewoh: Tak Lepas Peran Media

adm2.kpusulut.dec.16.2020

Dr. Ardiles Mewoh



Manado – (sulutlink.com) – Ketua KPU Ardiles Mewoh, buka kegiatan media gathering di dampingi Komisioner Yessy Momongan, Salman Saelangi dan Yafet Meidy Tinangon; bertajuk Bersama Pers Secara berkesinambungan Mewujudkan Transparansi Pemilih Yang Sehat, Damai Dan Bermartabat, bertempat di Mercure Hotel Rabu (16/12/2020) sore.

Diketaui usai pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur di Sulawesi Utara (Sulut), Komisi Pemilihan Umum (KPU) melanjutkan tugasnya ke tahapan teknis yakni pleno penghitungan perolehan suara,  namun bukan penetapan calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur.

Ardiles mengemukakan, sejak awal tahapan pilkada, KPU Sulut konsisten dan berkomitmen bahwa akan terus bermitra bersama media.

Peran media penting dan produktif dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada di Sulut. Hal tersebut  dapat dilihat bagaimana masyarakat memperoleh informasi seluas-luasnya, transparan, detail, dan mengedukasi kepada masyarakat.

“Ini berkat upaya yang dilakukan melalui peran media, bahkan tingginya partisipasi pemilih dalam Pilkada hingga mengalami kenaikan yang signifikan dibanding pemilu tahun-tahun sebelumnya,” beber Mewoh.

Dr. Ardiles, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada para jurnalis yang telah  memberikan sumbangsih yang begitu besar lewat penyebar luasan proses tahapan pilkada di sulut.

Mewoh menekankan bahwa, pihaknya tidak pernah ada upaya maupun tindakan, untuk mengubah hasil dari jumlah surat suara yang sebenarnya,” imbuh nya

“Tidak ada di jajaran kita yang melakukan tindakan-tindakan seperti itu, sebab hal ini adalah pelanggaran pidana,” seru Mewoh


Sementara itu Anggota Komisioner Bidang Hukum dan Pengawasan, Meidy Yafet Tinangon mengatakan, pentahapan selanjutnya KPU Sulut usai pleno secara terbuka terkait penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Undang- undang membuka kesempatan dan ruangan untuk menyampaikan gugatan jika ada sengketa hasil setelah ada hasil rekapitulasi ditetapkan.

Ketua dan Anggota Komisioner KPU

“Undang-Undang memberikan ruang kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur menyampaikan gugatan ke Mahkamah Konstitusi apabila ada sengketa hasil,” tandas Tinangon

About DeProS Red

Check Also

Gubernur Olly Dondokambey Ikuti Arahan Presiden Jokowi Secara Virtual

Manado, Sulutlink.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey Mengikuti Penyampaian Arahan Presiden Joko Widodo …