web analytics

Tipikor Polda Sulut Tetapkan 3 Pejabat Bolmong Sebagai Tersangka Korupsi

Ilustrasi
Ilustrasi

Kepolisian Daerah Sulawesi utara melalui Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), telah menetapkan tiga pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sebagai Tersangka, penetapan ini terkait kasus dugaan korupsi dana audiens tahun 2012, Kamis (19/1/2017) lalu.

Mereka yang telah menjadi tersangka, yakni (inisial) :  ID pejabat di PPTK, UP pejabat di bagian umum dan seorang pejabat di Dinas Perhubungan berinisial EK.

Setelah penetapan tersangka, ketiga pejabat tersebut resmi ditahan oleh Penyidik Tipikor Polda Sulut dan terus dilakukan pengembangan dan pemeriksaan lanjutan secara intensif.

Dalam wawancara yang dikutip dari media online tribunnews manado, Kasubdit Tipikor Polda Sulut AKBP Gani Siahaan yang didampingi Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo, saat ditemui Sabtu (21/1/2017) mengatakan, bahhwa penahanan ketiga tersangka dengan pertimbangan alat bukti yang cukup.

” Untuk saat ini ketiganya sudah kami tahan karena sudah mengantongi alat bukti yang cukup untuk menetapkan mereka sebagai tersangka,” jelas Tompo.

Tompo menjelaskan, dana anggaran audiens pada tahun 2012 itu nilainya mencapai Rp 8 miliar. “Dari anggaran Rp 8 miliar ini, kami menemukan ada kerugian negara bekisar Rp 2,1 Miliar,” katanya.

Tompo menguraikan lebih lanjut, saat ini Polda Sulut sedang berusaha keras untuk melengkapi berkas ketiga tersangka tersebut agar segera secepatnya dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Sulut.

Tompo menegaskan, Polda Sulut transparan dalam mengusut kasus ini. “Intinya saat ini ketiganya sudah kami tahan dan prosesnya tidak ada yang kami tutup-tutupi,” tegasnya.

Kasus ini muncul akibat dari temuan audit BPK RI pada tahun 2012 tentang kerugian negara sebesar Rp 2,1 miliar dalam anggaran dana audiens di Pemkab Bolmong. Kemudiaan temuan ini diteruskan pihak Kepolisian, penyelidikan awal dilakukan oleh Polres Bolmong dan diambil alih oleh Polda Sulut.

Keluarga tersangkapun menyerahkan sepenuhnya proses ini pada mekanisme hukum yang sedang berjalan dan berharap segera cepat selesai serta yakin para tersangka tidak bersalah. (bjl)

About Redaksi 2

Check Also

PERINGATI TIGA TAHUN KEPEMIMPINAN, ROR-RD AJAK JAJARAN LAYANI RAKYAT DENGAN HATI

Sulutlink – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Ibadah Syukur memperingati Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati, …