web analytics

Tomohon 1 dari 9 Kabupaten/Kota Bebas Gizi Buruk di Indonesia

Pengakuan Pemerintah Pusat atas semua kerja dan prestasi dari Walikota Jimmy F Eman SE Ak bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon dalam bidang kesehatan dan pemenuhan kebutuhan gizi bagi masyarakat Kota Tomohon sangat membanggakan.  Kalau sebagian daerah di Indonesia masih mengalami permasalahan dalam pemenuhan gizi bagi anak-anak sebagai generasi penerus maka Kota Tomohon mencatatkan sebagai salah satu kota di Sulawesi Utara yang bebas dari gizi buruk.
gizi-burukTomohon tercatat sebagai salah satu dari Sembilan kabupaten/kotamadya di Indonesia yang tidak ada masalah dalam pemenuhan gizi bagi anak-anak sementara Pemenuhan gizi masih menjadi masalah di sebagian wilayah di Indonesia. Kementerian Kesehatan mencatat hanya 9 kabupaten/kota di Indonesia yang tidak memiliki masalah gizi, sala satunya Kota Tomohon. Hal ini terungkap dalam Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2015, yang dilakukan di 496 kabupaten/kotamadya. Dalam riset ini pula, terungkap 63 Kabupaten/kotamadya memiliki masalah gizi akut dan 404 kabupaten/kotamadya miliki masalah gizi kronis. Daerah yang dikategorikan memiliki masalah gizi akut memiliki prevalensi anak pendek kurang dari 20 persen dan prevalensi kurus 5 persen atau lebih.

Masalah gizi kronis didefinisikan memiliki prevalensi pendek 20 persen atau lebih, dan prevalensi kurus kurang dari 5 persen. Sedangkan daerah dengan masalah gizi kronis dan akut memiliki prevalensi pendek lebih dari 20 persen, serta prevalensi kurus lebih dari 5 persen. Jika prevalensi pendek kurang dari 20 persen dan prevalensi kurus kurang dari 5 persen, maka dikatakan tidak
ada masalah gizi. Seperti dipaparkan dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Jumat (18/3/2017). Kesembilan kabupaten/kotamadya yang tidak ada masalah gizi adalah sebagai berikut:
Sumatera Selatan
1. Kabupaten Ogan Komering Ulu
2. Pagaralam Bengkulu
3. Mukomuko
4. Kota Bengkulu Bangka Belitung
5. Betilung Timur Jawa Tengah
6. Kota Semarang Bali
7. Tabanan Sulawesi Utara
8 Kota Tomohon Jawa Barat
9. Kota Depok

Pengakuan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan ini merupakan bukti nyata kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dari seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon bersama masyarakatnya. Semoga capaian ini akan terus memotivasi kita sekalian  untuk terus melakukan lompatan-lompatan yang besar dalam upaya memajukan Kota Tomohon kata Walikota Jimmy F Eman SE Ak yang didampingi  Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan, kami sangat merasa bangga atas pencapaian ini, karya nyata akan terus kita torehkan bagi kesejahteraan masyarakat. Sebagai warga masyarakat tentu patut  berpartisipasi aktif dan sangat senang dengan pencapaian-pencapaian yang telah di torehkan Pemerintah Kota Tomohon sambil terus menjaga dan meningkatkan karya indah yang telah telah terukir selama ini.

About Echel

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …