web analytics

Tomohon Launching Aplikasi “Tomohon Siap IMB”

Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Tataruang, Pertamanan dan Persampahan menggelar pencanangan Tomohon Tertib IMB dan Launching Aplikasi Tomohon SIAP IMB (Sistim Aplikasi Pelayanan IMB) yang di launching Walikota Tomohon Jimmy F. Eman SE,Ak pada hari ini. Program ini merupakan terobosan baru dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus IMB. Dalam sambutannya walikota yang membuka rangkaian kegiatan ini mengatakan bahwa IMB diberikan oleh Walikota Tomohon melalui Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) sebelum seseorang/badan usaha melakukan pembangunan gedung.

Hal ini dimaksudkan agar pemerintah dapat melakukan pengawasan, pengendalian dan penertiban bangunan, untuk mewujudkan bangunan yang fungsional sesuai dengan tata bangunan yang serasi dengan lingkungannya. Dalam rangka tertib penyelenggaraan pendirian bangunan sesuai dengan peraturan tata ruang, perlu dilakukan pengaturan terhadap pemberian IMB secara prosedural, transparan dan efisien agar dapat menjamin terselenggaranya pemberian IMB yang berkualitas.

Oleh karena itu untuk mengoptimalkan pelayanan publik sehubungan dengan proses pengurusan IMB maka dibutuhkan inovasi-inovasi yang dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan kepastian informasi, waktu pengurusan dan biaya yang dibutuhkan. Salah satu terobosan baru dan upaya yang dilakukan antara lain melalui Aplikasi “Tomohon SIAP IMB”.

Melalui program ini masyarakat dimanapun berada secara langsung dapat membuka aplikasi melalui handphone yang menggunakan android untuk mengecek semua persyaratan, lamanya dan jumlah biaya yang dibutuhkan dalam pengurusan IMB tanpa harus bolak-balik menanyakan persyaratan tersebut di kantor pelayanan.

Walikota berharap melalui kegiatan Launching Aplikasi “Tomohon SIAP IMB” dan Aksi Peduli Pembayaran IMB oleh Aparatur Sipil Negara, Unsur DPRD, Unsur Forkopimda, Stakeholder dan Masyarakat Kota Tomohon akan menjadi yang terdepan dalam pengurusan IMB. Beliau juga mengingatkan bahwa acara Launching Aplikasi ini jangan hanya sekedar dijadikan sebagai seremonial saja.

Tetapi bagaimana selaku ASN, Unsur DPRD, Unsur Forkopimda, Stakeholder dan Masyarakat Kota Tomohon, kita menjadikan kegiatan ini sebagai momentum awal dan titik masuk dalam kebersamaan kita menjadikan Tomohon Sebagai Kota Tertib IMB dan memacu peningkatan sumber-sumber pendapatan asli daerah khususnya melalui Retribusi IMB, guna mendorong percepatan pembangunan di Kota Tomohon untuk kesejahteraan masyarakat.

Di akhir sambutannya Walikota memberikan apresiasi yang tinggi terhadap adanya Aplikasi “Tomohon SIAP IMB” yang diangkat oleh Assisten II Bapak Ronny Lumowa, S.Sos, M.Si dalam kapasitasnya sebagai peserta Diklat PIM II. Setelah menyampaikan sambutannya, dilanjutkan dengan launching Aplikasi “Tomohon Siap IMB” oleh Walikota Tomohon. Kegiatan ini dihadiri  Kapolres Tomohon diwakili Kasat Binmas Polres Tomohon AKP. Lord Damar, S.Pd, S.Sos, Kajari Tomohon diwakili Kepala Seksi Intelelijen Kejaksaan Negeri Tomohon Wilke H. Rabeta, SH, Pimpinan Bank Sulut GO cabang Tomohon Mareyke Togas, dan seluruh Pejabat Pemkot Tomohon serta para undangan.

jimmy eman 2

About Echel

Check Also

Walikota AA dan Wakil Walikota RS Hadiri Kegiatan Pelantikan DPD LLI Kota Manado

  Manado, sulutlink.com – Walikota Andrei Angouw didampingi Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang, menghadiri …