web analytics

Topan Winston Memporak Poranda Fiji – Korban Untuk Sementara 17 Orang

angin topanTopan besar yang menghantam Fiji pada sabtu (20/2/2016) lalu telah memporak-porandakan negara kepulauan di Pasifik Selatan itu dan menewaskan sedikitnya 17 orang.

Angin topan dengan kecepatan 325 kilometer per jam yang tercatat sebagai yang terkuat di belahan bumi selatan itu, menghancurkan puluhan rumah, merusak infrastruktur dan memaksa warga mengungsi ke tempat yang dianggap aman.

Dikutip dari laman BBC, Minggu (21/2/2016), lebih dari 1.000 orang berlindung di pusat-pusat evakuasi di pulau terbesar kedua Vanua Levu, yang berada di sebelah timur laut dari Viti Levu pada Minggu pagi. Pemerintah Fiji sendiri telah membuka sekitar 750 pusat evakuasi.

Sementara itu, Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama mengatakan saat ini para pejabat pemerintah tengah berkerja untuk menilai dan mengatasi kerusakan di daerah pantai seperti dilansir dari Reuters.

Akibat bencana topan ini Fiji mengumumkan keadaan darurat selama 30 hari ke depan dengan memerintahkan sekolah-sekolah untuk tutup. Fiji juga memberlakukan jam malam sampai Senin pagi. Mereka juga memotong sejumlah aliran listrik di beberapa daerah untuk menghindari kerusakan lebih lanjut atau cedera.

Dikhawatirkan, jumlah korban tewas akan terus bertambah karena kabar dari daerah-daerah terpencil mulai masuk ke ibu kota.

About Echel

Check Also

Galatia Karamoy Banjir Dukungan Di Ajang Grand Final Putri Kebudayaan Indonesia

Sulutlink – Galatia Karamoy asal Minahasa menjadi perwakilan sulut di ajang Putri Kebudayaan Indonesia, yang …