web analytics

“Tradisi Santa Claus” Diharapkan Semakin Tertib

aManado – Memasuki bulan desember di Sulawesi Utara terasa sangat kental dengan suasana Natal, salah satu kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam menyambut perayaan natal adalah Pawai Santa Claus.

Santa Claus atau Sinteklas dengan iring-iringannya bertujuan untuk mengujungi rumah anak-anak dan membagikan hadiah beserta menyampaikan pesan moral kepada anak-anak tersebut. Hal ini sudah menjadi Tradisi dalam menyambut Natal yang dilakukan sebagian besar wilayah di Sulawesi Utara.

Semenjak Tahun 2014 kegiatan ini sempat menjadi kontroversi di saat Pihak Kepolisian Sulawesi Utara tidak menginjikan Pawai Santa Claus dilakukan keluar jalan dan pembatasan kegiatan ini karena dianggap mengganggu ketertiban berlalulintas dan sering ditemukan iringa-iringan yang ugal-ugalan sehingga dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Menurut Kasat Lantas Polres Minahasa AKP Ferdinan Runtu bahwa aturannya tidak dizinkan apabila ada arakan dijalan menggunakan kendaran dan jika kegiatan Santa Claus menggunakan konvoi jelas menimbulkan macet, rawan Laka, serta tindak pidana. Beliau juga menambahkan “Silahkan laksanakan kegiatan ini di lokasi tertentu atau lakukan dilokasi seputaran saja selain itu juga harus mengajukan izin dari Hukum Tua atau Lurah setempat” ujarnya.

bHasil pantauan Sulutlink di Desa Talikuran Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa, Tradisi Santa Claus yang diadakan oleh Komunitas Pemuda Mawale berlangsung tertib diseputaran wilayah desa tersebut dan berjalan dengan baik tanpa melibatkan iringan-iringan yang berlebihan. (13/12/2016)

Dapat disaksikan bahwa kegiatan ini sangat dinanti-natikan masyarakat dan menjadi sebuah sarana hiburan yang hanya ada satu kali dalam setahun, terlebih anak – anak yang sangat gembira menunggu kedatangan Santa Claus dkk untuk membagikan hadiah-hadiah natal.

Kegiatan seperti ini sebaiknya tetap berjalan sebagai bentuk dari Tradisi masyarakat Sulawesi Utara dalam menyambut bulan desember dengan suasana natalnya akan tetapi diharapkan semua pihak turut serta menjaga ketertiban dalam pelaksanaan kegiatan ini agar tidak mengganggu kepentingan publik lainya.(BJL)

About Redaksi 2

Check Also

Tuuk: Dana DAK di Dikda Sulut Sarat Pilih Kasih, Kadis Punuh Diminta Bertanggung Jawab

Manado, Sulutlink.com – Jems Tuuk mengatakan, Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pendidikan Provinsi …