web analytics

Turnamen Bridge Online Semakin Berjubel


Oleh : Bert Toar Polii
Ketika sebagian besar cabor menghentikan atau menunda kegiatan turnamen akibat diterapkannya PSBB, Cabor Bridge menjadi satu-satunya cabang olahraga yang justru semakin semarak mengadakan kegiatan turnamen. Saat ini justru turnamen bridge semakin berjubel dan bisa dikatakan hamper setiap hari ada turnamen bridge.
Mengapa ini bisa terjadi? Ini bisa terjadi karena cabor bridge bisa di pertandingkan secara online. Dengan demikian para olaragawan bridge tetap tinggal dirumah tapi bisa ikut bertanding.
Cukup hanya bermodalkan HP, Tab atau computer yang tersambung dengan internet sudah bisa menyalurkan hobinya. Bahkan bisa disambi sambil ngopi atau bercengkerama dengan keluarga.
Keuntungan lain olahraga bridge karena ada situs Bridge Base Online atau BBO yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi bermain bridge dan terbuka 24 jam sehari. Bayangkan saat ini BBO yang awalnya di design untuk kapasitas 10.000 pemain online sekarang anggotanya sudah mencapai sekitar 60.000an pemain. Sempat bermasalah diawal tapi untuk teknisinya bisa secepatnya menambah kapasitas dan tetap stabil.
Saat ini ada beberapa turnamen bridge online yang sedang berlangsung di dalam negeri.

  1. Mampang Bridge Community yang mengadakan turnamen pasangan setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pukul 19.00. Komunitas yang dipimpin Didi Andries memang memberikan gairah tersendiri buat para pencinta bridge.
  2. Quick Trick dibawah pimpinan Ir. Iskandar menggelar Kasih Bangsa BBO Teams Tournament secara rutin setiap “weekend” dan malah sekarang diminati oleh pemain dari luar negeri. Ada tim dari Botswana, Singapura dan Thailand ikut mendaftar.
  3. Djarum Bridge Club menggelar latihan beregu pada setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu 2 session setiap hari pada pukul 10.00 dan 13.30.
  4. Turnamen Pelangi Online Invitational Master Pairs Event ini diikuti 36 pasangan undangan dan dimainkan pada dua weekend tanggal 30 Juni dan 1 Juli serta 6 dan 7 Juli. Turnamen yang menyediakan hadiah uang yang cukup besar Rp. 34 juta memainkan 35 session @6 board dengan skala 50-0 VP.
    Hasil sementara setelah 18 session :
    1 Taufik Gautama Asbi -Lusje Olha Bojoh 636 VP
    2 Julius A George -Robert Parasian 600 VP
    3 Jezzca A Tahya -Donny Louduard -Dimas Agung D 543 VP
    4 Adjat Abdurodjak -Erwin Lienanda -Chirstian Papendang 543 VP
    5 Youbert Sumarauw -Ronny Eltanto 534 VP
    6 Berlin -Fachreza -Bamband WU 530 VP
    7 Roro Joffani T Dewi -Rachma Shaumi 524 VP
    8 Elwindra -Muhammad Reza -Alfatihah Reno 507 VP
    Turnamen ini didukung penuh oleh PB Gabsi dengan memberikan master point kepada para pemenang seperti yang disampaikan oleh Pembina Perkumpulan Bridge Pelangi Nusantara, Rustam Effendy yang menjadi penggagas turnamen ini.
    Ketua PB Gabsi Miranda S Goeltom menyampaikan dalam sambutannya, keberadaan turnamen ini jelas ikut menyemarakan aktifitas bridge nasional sehingga kemapuan bridge teman-teman semua tetap terasah dalam nuansa yang kompetitiv.

5.. Liga Bridge Jawa Tengah-DIY mulai digelar lagi tanggal 2 Juni 2020 dan akan berjalan sekitar sebulan dengan mengambil waktu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu agar tidak bertabrakan dengan jadwal Mampang Bridge Community.

  1. Turnamen Bridge Piala Gubernur Jatim dan Piala Kepala Dinas Pendidikan Jatim untuk kelompok umur yang diikuti 52 regu. Suatu angka yang cukup mengejutkan. Turnamen yang digelar oleh Pengprov Gabsi Jatim dan Dinas Pendidikan Jatim ini akan berlangsung dari tanggal 3-30 Juni.
  2. 2 tim Indonesia, Women U26, Kids U16 masih melanjutkan kiprahnya di 2020 3rd Youth Online Team League. Di Women U26 Indonesia akan berhadapan dengan Serbia di Semi Final. Kids U16 akan bertarung melawan Turki di babak play-off. Kemenangan akan mempertahankan diri di Priemer League tahun depan. Kekalahan otomatis degradasi ke First Division.
  3. Mulai hari ini juga digelar Invitasi Bridge Online Terbatas Piala Joune Ganda. Turnamen terbatas yang diikuti 11 tim dari Sulut dan 1 tim undangan dari Jakarta akan digelar tanggal 1-8 Juni 2020. Ketua Panpel Yudi Lintjewas menyampaikan seluruh peserta akan diberikan hadiah dan tanpa uang pendaftaran.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Johny Panambunan Sosbang di Winenet Kecamatan Aertembaga Kota Bitung

  Bitung, Sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD,) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny …