web analytics

Tutup Tahun Kawanua “Meimo Kuman” Membawa Semangat Kebersamaan

meimo kuman
Sambutan Ketua Umum KSD, Lucy Rumantir. Dok: Sulutlink.com.

Los Angeles, Sulutlink.com. Masyarakat Kawanua di California mengadakan acara Tutup Tahun dengan tema Meimo Kuman, Sabtu, (14/1), di Pacific Christian Center, Upland, California. Acara ini dibuat atas prakarsa dari organisasi Kawanua Se Dunia (KSD) yang melibatkan semua rukun dan organisasi Kawanua yang ada di California, termasuk Kawanua USA, Esa Kawanua USA, KSD, dan organisasi Rukun Kampung seperti Rukun–Kakas, Langowan, Minsel, Remboken, Sumonder, Tomohon, Tondano, Tonsea, Tondano Pante Pesisir.

meimo kuman.jpg2
Sambutan Ketua Umum Kawanua USA, Emile Mailangkay. Dok: Sulutlink.com.

Acara ini dibuka dengan renungan singkat yang dibawakan oleh Pendeta Dr. Hens Sumendap yang memberikan implikasi tentang tema Meimo Kuman. Pertama, Meimo Kuman implikasinya adalah kita diundang untuk makan bersama-sama. Kedua, Pelayanan dari yang mengundang. Dan ketiga, ada etika atau tata-cara dalam makan bersama. Implikasi ini dihubungkan dengan kepercayaan orang Kristen bahwa ketika di surga, kita akan makan bersama-sama Yesus yang mengundang kita semua.

Acara Meimo Kuman ini dipandu oleh Raynold Uway, Jack Posumah, dan Vonny Sangari, membawa angin segar bagi kebersamaan masyarakat Kawanua di Amerika khususnya yang ada di California, karena mendapatkan respons yang positif serta dukungan dari tokoh-tokoh Kawanua dan masyarakat Kawanua lainnya. Ini dilihat dari kehadiran ratusan orang Kawanua dan pimpinan organisasi Kawanua, khususnya Ketua Umum Kawanua USA, Emile Mailangkay dan Ketua Umum DPP Kawanua Se Dunia, Lucy Rumantir, yang memberikan sambutan yang sangat positif atas acara ini.

meimo kuman.jpg5“Acara seperti ini sangat positif untuk membawa kebersamaan bagi orang Kawanua, apa lagi kalau kasih makan gratis,” sebut Mailangkay dalam sambutannya yang disambut tawa para hadirin.

Mailangkay melanjutkan, “Ketua Panitia, Hengry Mendur, kalau buat promosi acara jangan malu-malu tulis Makan Gratis, pasti orang datang. Kalau perlu, jangan hanya buat sekali setahun. Kalau perlu lebih sering.”

Sebelumnya Lucy Rumantir menjelaskan maksud dari acara Meimo Kuman yang dirangkaikan dalam acara Tutup Tahun.

meimo kuman.jpg6“Kita, Kawanua, yang hidup diperantauan, tidak ada gunanya kalau kita tidak mau bersatu. Kalau kita telusuri silsilah, kita itu dari satu keturunan yang kebetulan kita terpisah-pisah, seperti ada yang dari Tondano, Tomohon, Sonder, Tonsea, kita bisa sebutkan semuanya, yang pasti kita semua dari Sulawesi Utara.” kata Lucy yang disambut tepuk tangan.

Lanjutnya, “Pada malam ini kita ingin membuat rasa kebersamaan dari warga Kawanua di perantauan. Tidak ada maksud untuk mempersatukan semua organisasi Kawanua untuk masuk KSD. KSD sendiri tidak bisa menjanjikan sesuatu selain berusaha mewujudkan kesejahteraan yang bisa dicapai para Kawanua di perantauan terutama yang ada di California.”

meimo kuman.jpg10
Tarian Katrili oleh SKM. Dok: Sulutlink.com.

Hengry Mendur sebagai Ketua Panitia Meimo Kuman, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua panitia, partisipan, hadirin, pimpinan organisasi, yang mendukung program ini, serta kepada Lucy Rumantir yang sudah mensponsori acara ini.

Turut hadir dan berpartisipasi dalam acara Meimo Kuman, Pdt. Dr. Hens Sumendap, Pdt. Jap Sangari, Pdt. Daniel Wagey, dan Pdt. Harold Dien.

meimo kuman.jpg14
Pemandu Acara Meimo Kuman: Jack Posumah, Vonny Sangari, Raynold Uway. Dok: Sulutlink.com.

Acara ini dibuka dengan lagu Opo Wawanatas, Indonesia Raya, lagu Kebangsaan Indonesia, The Spangler Banner, lagu kebangsaan AS, yang dipimpin oleh Mercy Mambo, dan  dimeriahkan oleh musik Kolintang dan Angklung yang dipimpin oleh Herry Korompis, lagu-lagu daerah oleh Frienship Singing Group, Jeane Jacob dan Rocky Lumanauw,  Key Board oleh Sammy Tielman, serta Tarian Katrili oleh Sanggar Kesenian Manado yang dipimpin oleh Christine Maramis.

Acara ditutup dengan Kwis berhadiah, City Tour sumbangan Starline, Sky Space Tour oleh Que America, dan hadiah lainnya. (Denny Sondakh)

meimo kuman.jpg12meimo kuman.jpg13meimo kuman.jpg8

About Redaksi Sulutlink

Check Also

DPRD PROVINSI SULUT – PEMPROV SULUT TANDATANGAN KUA-PPAS APBD TAHUN ANGGARAN 2023

Manado, Sulutlink.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemprov Sulut tanda tangan …