web analytics

Uji Kompetensi Wartawan SULUT di Tomohon

IMG_8536Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IV  di rumah dinas Walikota Tomohon Senin (21/3/2015). Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini sangat penting diikuti oleh para insan pers yang sejalan dengan tujuan meningkatkan profesionalisme wartawan yang tergabung dalam anggota PWI, dalam peran dan fungsi pers untuk mengukur kemampuan seorang wartawan, apakah sudah bekerja berdasarkan etika dan hukum pers, yakni kode etik jurnalistik dan UU Nomor 40 Tahun 1999 artinya dalam melaksanakan tugas jurnalistik sesuai dengan koridor, sehingga tidak melanggar aturan dan UU yang berlaku. Pada kesempatan ini Eman juga mengingatkan tentang pelaksanaan Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Dikatakanya saat ini hubungan antara pemerintah Kota Tomohon dengan pers sangat baik karena hal ini merupakan hubungan yang saling membutuhkan. Keduanya merupakan mitra setara dengan peran, fungsi dan tujuan masing-masing pihak saling berbeda. Pers sendiri berperan sebagai pilar keempat demokrasi. Selama ini informasi yang disalurkan media massa mengenai pembangunan di kota Tomohon sangat baik dan positif, hal ini merupakan juga dukungan kepada pemerintah melalui pemberitaan yang mendidik dan menyejukkan, kontrol sosial, baik dalam bentuk saran maupun kritikan yang membangun. Pemerintah Kota Tomohon mengapresiasi kepada pihak PWI yang telah memilih Kota Tomohon menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan ini.

Diharapkan kegiatan ini akan menghasilkan hal-hal yang terbaik karena kegiatan ini adalah cara untuk melindungi dan memperbaiki semua pihak yang terlibat dalam dunia pers, mulai dari wartawan, pengusaha media, organisasi pers melaui uji kompetensi yakni seorang wartawan harus mencapai standar kompetensi yang memadai dan disepakati oleh masyarakat pers, “melaui uji kompetensi ini tentu akan menjadi saringan dan menghasilkan wartawan yang professional, disisi lain dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan para wartawan agar citra dan profesionalitas tetap terjaga, tutup Eman.

Ketua PWI Sulut Voke Lontaan dalam laporannnya mengatakan untuk uji kompetensi wartawan angkatan IV di Kota Tomohon saat ini diikuti oleh 21 wartawan yang berasal dari berbagai biro kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Utara diataranya wartawan yang sehari-hari meliput di Kota Tomohon dan kabupaten Bolmong Raya. Beliau juga mengatakan bahwa pada bulan April nanti akan dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang nanti dilaksanakan di Kota Manado dan akan di koordinir langsung PWI pusat dan merupakan jadwal dari PWI Pusat untuk Kota Manado.

Sementara itu pengurus harian PWI pusat yang juga ketua bidang daerah Atal S Depari dalam sambutannya mengatakan uji kompetensi ini sangat penting dilakukan karena hal ini akan memberikan legalitas bagi para wartawan artinya dapat memberikan identitas wartawan. Saya yakin bahwa hubungan wartawan media Tomohon dengan walikota Tomohon sangat baik, hal ini tercermin dari berbagai kegiatan yang dilakukan pemerintah Kota Tomohon. Beliau memberikan apresiasi kepada pemerintah Kota Tomohon yang sangat merespon dengan baik pelaksanaan kegiatan ini.

Selanjutnya dalam uji kompetensi ini juga menghadirkan Ketua DPRD Kota Tomohon yang melakukan dialog seputar pelaksanaan program dan kegiatan yang ada. Di tempat terpisah ketua panitia pelaksanaan UKW Jhon Paransi mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini terlaksana dengan sukses, terima kasih kepada Pemerintah Kota Tomohon dan Tim penguji dari Jakarta. Dalam pembukaan Kegiatan UKW dihadiri para pejabat di lingkungan pemerintah Tomohon.

About Echel

Check Also

Sosialisasi Perda Provinsi Sulut, Ini Yang Ditanggapi Anggota DPRD Yongkie Limen

Manado, Suluink.com – Legislator Yongkie Limen, menggelar Sosialisasi dua Peraturan Daerah (Perda), Perda Nomor 2 …