web analytics

Upacara Peringatan Hut RI Ke 77: Ketua DPRD Sulut Fransiscus Silangen Bertindak Selaku Pembaca Teks Proklamasi

Ketua Dewan Fransiscus Andi Silangen, Bertindak Selaku Pembaca Teks Proklamasi

Manado, sulutlink.com – Agenda upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun, merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia memperingati kemerdekaan setiap tahun sekali. Ini salah satu bentuk momen dalam meneguhkan semangat berbangsa dan bernegara.

Ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen, Sp.B KBD juga ikut memperingati HUT RI ini yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022, bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), JL. 17 Agustus, Kota Manado, pada Rabu (17/8/2022).

Selain itu juga, hadir dalam upacara antara lain unsur Forkopimda Sulut, Para pejabat pemerintahan Provinsi Sulut, dari instansi vertikal dan horisontal, serta undangan dari berbagai perwakilan BUMN-BUMD, dan Undangan lainnya.

 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) peringatan HUT ke-77 RI ini, dan diikuti peserta upacara antara lain personel TNI, Polri dan ASN lingkup Pemprov Sulut.

 

Upacara Peringatan HUT ke-77 tahun, Kemerdekaan RI ini, dimulai dengan Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Irup, tanda kebesaran buka.

“Bertindak selaku pembaca Teks Proklamasi dilaksanakan oleh Ketua DPRD Sulut dr. Fransiscus Andi Silangen, tanda kebesaran ditutup, pembacaan UUD 1945, pembacaan doa dan ditutup dengan iringan lagu-lagu nasional.

Sebagaimana pantauan media, upacara HUT RI ke-77 tahun ini mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam mencintai tanah air, patriotisme, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan serta menghargai atas perjuangan para pahlawan terdahulu.

Pada peringatan kemerdekaan RI tersebut, Pemprov Sulut melaksanakan upacara penaikan bendera dipimpin Inspektur Upacara Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan untuk pembacaan teks proklamasi pada upacara penaikan bendera dilakukan oleh Ketua DPRD Sulut dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B KBD.

Diketahui agenda upacara penaikan dan penurunan bendera ini dilakukan oleh pasukan pengibar bendera dan diikuti peserta upacara dari personel TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi Sulut.

Dan merupakan sebuah kehormatan bagi TNI AL khususnya Lantamal VIII pada upacara penaikan bendera, karena Perwira Lantamal VIII dipercayakan sebagai pejabat upacara diantaranya Danpom Lantamal VIII Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi sebagai Komandan Upacara, Pasops Denma Lantamal VIII Mayor Marinir David Senewe sebagai Perwira Upacara dan Paur Lidkrim Pom Lantamal VIII Letda Laut (PM) Kusuma Wijanarko sebagai Komandan Paskibraka.

 

Upacara peringatan HUT RI ke-77 di kantor Gubernur Sulut berlangsung lancar dan khidmat, dan dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw, Forkopimda Provinsi Sulut, Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut, Para Pejabat Pemprov Sulut serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Selain itu juga, hadir antara lain unsur pimpinan dari instansi vertikal dan horisontal, serta berbagai perwakilan  undangan lainnya. (Karel).

About DeProS Red

Check Also

Kendaraan yang di bakar warga

PELAKU DOGER ANJING BERHASIL LOLOS DARI AMUKAN WARGA

Minahasa Selatan,Sulutlink.com Aksi doger hewan peliharaan anjing dengan cara menebar Potas kembali terjadi di Desa …