web analytics

WABUP DONDOKAMBEY : PENGUCAPAN SYUKUR, KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENGHORMATAN KEPADA TUHAN

Source : Pemkab Minahasa

Sulutlink- Wakil Bupati Minahasa, Dr. (H.C) Robby Dondokambey, S.Si dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Ny. Martina Dondokambey-Lengkong, SE dan keluarga beribadah Minggu bersama Jemaat GMIM Petra Sawangan yang juga merupakan ibadah Pengucapan Syukur. Wabup Robby Dondokambey membawakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE, di mana dikatakannya, Pengucapan Syukur adalah kearifan lokal rakyat Sulawesi Utara yang terus dipertahankan karena merupakan bentuk penghormatan dan rasa syukur atas penyertaan Tuhan bagi aktifitas ekonomi serta kehidupan di berbagai bidang hidup.

Lanjut dikatakan Wabup Dondokambey yang dikenal peduli dengan rakyatnya ini, bahwa penghayatan akan makna pengucapan syukur ini penting agar kita tidak terjebak pada perilaku konsumerisme, apalagi diikuti dengan perilaku yang menyimpang dari makna syukur itu sendiri, seperti mabuk-mabukan, serta pesta-pora, terlebih dalam suasana saat ini. Karena itu, di pandemi Covid-19 pengucapan syukur pun masih dilakukan dengan berbagai pembatasan, termasuk untuk saling berkunjung atau silahturahmi belum bisa dilakukan, tetapi lebih mengedepankan pengucapan syukur di rumah masing-masing.

Beliau juga mengharapkan agar momentum ini menjadi batu loncatan bagi kita semua untuk semakin bertekad dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kepedulian, mengarahkan dan mengajak sesama kita untuk terus menjaga iman dan imun agar tetap aman dalam keseharian dan dalam melaksanakan kewajiban di masa pandemi ini. Selain itu, kita dapat menjaga semangat persatuan dan kesatuan sebagaimana yang telah kita tunjukkan selama ini. “Kiranya, persatuan dan kesatuan serta rasa kekeluargaan akan senantiasa menjadi energi positif bagi seluruh masyarakat memacu pembangunan di daerah tercinta ini. Mari kita pertahankan dan tingkatkan terus rasa toleransi dan saling menghormati kemajemukan, sehingga Sulawesi Utara akan tetap berada di garis depan dalam mempelopori semangat kerukunan dalam pluralitas di negara tercinta ini,” kata Wabup Dondokambey sembari menyampaikan selamat Hari Minggu dan selamat merayakan Pengucapan Syukur mewakili Pemerintah Provinsi, Gubernur Sulawesi Utara dan Kel. Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur, Drs. Steven Kandouw dan Kel. Kandouw-Tanos juga Pemerintah Kabupaten Minahasa dan jajaran, Bupati, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dan Kel. Roring-Luamanauw serta Wabup dan Kel. Dondokambey-Lengkong. (Rs)

About Redaksi 2

Check Also

Gubernur Olly Dondokambey Ikuti Arahan Presiden Jokowi Secara Virtual

Manado, Sulutlink.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey Mengikuti Penyampaian Arahan Presiden Joko Widodo …