web analytics

Wabup RD Buka Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Indikasi Geografis Minahasa

Minahasa,Sulutlink.com- Wakil Bupati Robby Dondokambey membuka kegiatan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Indikasi Geografis Minahasa, Senin (16/9/2019), yang dilaksanakan diruang sidang Kantor Bupati.

Wakil Bupati Robby Dondokambey, SSi dalam sambutannya mengatakan, kita diperkenankan secara bersama-sama mengikuti Sosialisasi dan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Indikasi Geografis di Kabupaten Minahasa.

Menurutnya, hasil bumi Indonesia yang begitu melimpah dan beragam perlu untuk di lindungi, terutama produk yang memiliki ciri khas kerena faktor alam, lingkungan geografis, manusia atau kombinasi dari berbagai faktor, menunjukan karakter daerah asal tempat produk dihasilkan.

Ditambahkannya, selain melindungi produk daerah agar tidak di klaim perusahaan besar, sertifikasi indikasi geografis bertujuan memberi nilai lebih pada produk lokal termasuk produk lokal kabupaten minahasa seperti cengkih dan kopi.

Dia berharap, cengkih Minahasa telah lolos dalam proses sertifikasi oleh Kementrian Hukum dan Ham serta menerima sertifikat indikasi geografis cengkih Minahasa.

“Sertifikat ini diberikan atas dasar pengajuan dari Masyarakat Perlindungan Cengkih Minahasa (MPCM) yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Ham RI pada tahun 2015 yang lalu, kita patut berbanga karena cengkih Minahasa bisa menjadi salah satu komoditi unggulan melalui penghargaan Serifikat Indikasi Geografis,”jelas RD.

Dijelaskannya, penghargaan ini adalah salah satu pangkuan dimana cengkih Minahasa sudah memiliki standar dan dengan adanya pangkuan seperti ini, maka tidak sembarangan orang bisa seenaknya mengaku itu cengki Minahasa.

Dia juga berharap komoditi kopi Minahasa agar bisa sejajar dengan merek nasional yang sudah mendunia dan untuk itu melalui pelaksanaan kegiatan Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi Indikasi Geografis saat ini, diharapkan mampu memberi nilai tambah dalam upaya peningkatan produksi dan promosi hasil bumi Kabupaten Minahasa, khususnya cengkih dan kopi demi mewujudkan petani yang sejahtra dan minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Acara dihadiri Wabup Robby Dondokambey SSI, Kadis Perkebunan Sulut, Refly D Ngantung, SP, Asisten II Drs. Hanes Donald E Wagey MBA, Kadis Pertanian Minahasa Yeittije F Roring SP, serta undangan lainnya.

About Redaksi 1

Check Also

HILMAN IDRUS UNDANG FORWARD SULUT IKUT KEGIATAN SOSBANG, PERKUAT SEMANGAT PERSATUAN DAN KESATUAN DEMI NKRI

  Desember 5. 2022. 21:25 Manado.sulutlink.com – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hilman Firmansyah …