web analytics

Wagub Kandouw, Ngasih Kado Biaya Pulkam Para NAPI

Sulutlink.com, Pemprov – Setiap memperingati HUT RI pada 17 Agusuts, ada moment penting yang dilkasanakan pemerintah khususnya para napi mendapat remisi langsung bebas oleh neara. Di Sulut ada sebanyak 17 Napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Tuminting Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah mendapatkan remisi langsung bebas dari negara.

Pemberian remisi ini adalah wahana dari rangkaian memperingati HUT ke-74 Republik Indornesia (RI) yang telah dilaksanakan. Sabtu (17/08/2019).

Diketahui total secara keseluruhan yang mendapat remisi Se- Provinsi Sulut sudah berjumlah 1597 napi, terdiri dari remisi umum 1 sebanyak 1580 napi dan 17 napi untuk remisi umum 2 langsung bebas.

Mewakili Gubernur Olly Dondokambey, saat itu Wagub Sulut Drs Steven O E Kandouw yang bertindak salaku Inspektur Upacara (Irup) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tuminting Manado,”

“Ini merupakan upacara atas prakarsa bersama pemprov Sulut dalam rangka Pemberian Remisi oleh pemerintah melalui Kemenkum HAM RI, yaitu wujud kepedulian memberikan semangat sekaligus kado di hari Proklamasi RI bagi 17 napi yang langsung menghirup udara bebas,” ujar Wagub Kandouw.

Sejalan dengan wujud kepedulian, Wagub Kandouw pun menanggung biaya membantu napi yang mendapat remisi untuk kembali ke kampung atau ke rumahnya masing-masing,”

“diharapkan melalui dukungan dan semangat bagi warga binaan yang telah bebas, agar dapat memulai hidup baru lebih baik lagi ke depan,” tutup Wagub Kandouw usai upacara.

Sementara itu sambutan Menkum-HAM RI yang dibacakan Wagub Kandouw, secara garis besar menekankan bahwa semangat Kemerdekaan RI perlu terus dijaga dalam semua aspek. Begitu pun bagi warga binaan yang menerima remisi adalah bagian dari apresiasi pemerintah untuk memberikan dukungan kepedulian pada warga binaan.

“Ini juga bentuk apresiasi pemerintah agar dapat memperbaiki prilaku lebih baik di waktu mendatang,” kata Wagub Kandouw.
Adapun Wagub Kandouw sendiri mendapat sambutan hangat dari warga binaan, terutama yang akan bebas sembari secara spontan ke 17 napi bebas mengucapkan terima kasih pak Wagub atas bantuan uang ongkosnya,” ucap salah satu napi, disaksikan sejumlah pejabat Eselon II dilingkup Pemprov Sulut.

redaksi2Supit August 18 2019

About Skt Biro Deprov

Check Also

KPU Provinsi Sulut Kerahkan 5.274 PPS Milenial 15 Kabupaten/Kota, Sukseskan Pemilu Serentak 2024

    Januari. 24.2023.admin: karel tangka Sulutlink.com — Hebat, Dalam rangka mensukseskan pemilu serentak 2024, …