web analytics

Walikota G. S. V. Lumentut Kembali Perjelas Tentang Bantuan Banjir

IMG_20170608_115848Sulutlink, Manado. G. S. V. Lumentut Walikota Manado kembali memperjelas tentang Dana Bantuan Banjir terhadap korban bencana Tahun 2014 yang lalu, dimana akhir-akhir ini hampir setiap hari dilakukan demo oleh warga yang merasa kurang puas terhadap penyaluran bantuan dana banjir hingga tahap Kedua Tahun 2017.
Dijelaskan Lumentut, bahwa data yang digunakan saat ini bukan hasil kebijakan Walikota atau Wakil Walikota. Tetapi hasil dari Tiem kerja bersama BNPB Pusat dan bersama pemerintah Kota Manado yang melakukan pendataan dan verifikasi saat terjadi bencana Tahun 2014 lalu.
Dari hasil pendataan saat itu kemudian dilakukan kesepakatan Rencana Aksi Nasional tentang penanganan bencana yang berlaku secara Nasional dengan model Pemberdayaan Masyarakat Korban Bencana untuk pembangunan kembali atau rehab rumah yang rusak.
Data warga koraban bencana telah di ferivikasi dan diklasifikasi dalam 3 kategori kerusakan : Rusak Berat, Sedang dan Ringan. Untuk yang rusak Ringan telah ditanggulagi melalui Dana APBD Kota Manado sebesar Rp. 3,6 Juta setiap keluarga korban banjir yang menghabiskan dana Rp. 51 Miliar untuk 15.000 Kepala Keluarga.
Yang rusak Berat dan rusak Sedang didanai dengan APBN masing-masing Rp. 40 Juta untuk Rusak Berat, Rp. 20 Juta Rusak Sedang sebanyak 3.812 KK yang rumahnya direhap ditempat tinggal masing-masing atau Insitu. Selain itu ada 2.054 KK harus di relokasi ke Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken atas biaya APBN.
Walikota mengakui masih ada warga yang mengeluh belum terdata walau rumah mereka mengalami rusak berat atau rusak ringan, sebagai jalan keluarnya telah didata kembali kemudian diusulkan ke Pemerintah Pusat untuk mendapat persetujuan Kemenkeu bersama DPR RI. Lumentut mengajak warga yang belum menerima bantuan untuk mendoakan agar diisetujui pemerintah Pusat. (jansen)

About Echel

Check Also

Bupati ROR Hadiri Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Minahasa/l

MINAHASA, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi menghadiri launching dan pencanangan …