web analytics

Walikota Lomban Ikuti Rakornas VII TPID di Jakarta

 Walikota Bitung hari ini mengikuti Rapat Koordinasi Nasional VII Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Kamis 4 Agustus 2016.

0101 (1)
Rakornas ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dg tema : Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah guna Mempercepat Pembangunan Infrastruktur dan Pembenahan Tata Niaga.
Dalam kesempatan ini, Walikota Bitung Maximillian J. Lomban, SE, MSi. menjelaskan tentang beberapa isu percepatan pembangunan infrastruktur dan isu tata niaga pangan seperti belum tersedianya fasilitas pergudangan/cold storage  yang merata khusunya pada level Kab/Kota. Infrastruktur pasar juga relatif masih terbatas (level kabupaten). Perlunya feasibillity study yang lebih komperhensif dalam penentuan lokasi pasar. Juga tingginya harga pangan tidak diikuti meningkatnya kesejahteraan petani, tercermin dari NTP petani Sulut yang masih dibawah 100 khususnya untuk petani tanaman pangan. Masih cukup banyak lahan yang belum termanfaatkan secara optimal untuk produksi pangan.
Nantinya, preferensi masyarakat terhadap produk tertentu misalnya, rica Gorontalo atau beras merek tertentu, khusunya di Kota Manado sebagai Kota perhitungan IHK membuat fleksibilitas pedagang dalam pemenuhan barang menjadi berkurang. Hal tersebut menyebabkan kerentanan terhadap kelangkaan barang.

About Echel

Check Also

PERINGATI TIGA TAHUN KEPEMIMPINAN, ROR-RD AJAK JAJARAN LAYANI RAKYAT DENGAN HATI

Sulutlink – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Ibadah Syukur memperingati Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati, …