Warga India Percaya Tangkal COVID-19 dengan Kotoran Sapi

doc.reuters

Sulutlink.com – Warga India melakukan praktik penggunaan kotoran sapi yang dipercaya menangkal virus COVID-19.

Pandemi virus corona telah menghancurkan India. Warga India kini berjuang untuk mendapatkan tempat tidur dirumah sakit, oksigen, dan obat-obatan. Kurangnya perawatan sebabkan banyak warga India meninggal dunia.

Hal tersebut memicu warga India untuk mencari alternatif lainnya, dalam hal ini warga India menggunakan kotoran sapi dan air kencing dengan harapan meningkatkan kekebalan mereka dan bisa pulih dari virus corona.

Seperti kita ketahui dalam agama Hindu, sapi adalah simbol suci kehidupan dan bumi, dan selama berabad-abad umat Hindu telah menggunakan kotoran sapi untuk membersihkan rumah mereka dan untuk ritual doa, karena dipercaya memiliki khasiat terapeutik dan antiseptik.

Sebagaimana dikutip reuters, Para dokter dan ilmuwan di India dan di seluruh dunia telah berulang kali memperingatkan agar tidak mempraktikkan pengobatan alternatif untuk COVID-19, dengan mengatakan hal itu dapat menyebabkan rasa aman yang salah dan memperumit masalah kesehatan.

“Tidak ada bukti ilmiah yang konkret bahwa kotoran sapi atau urin berfungsi untuk meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19, itu sepenuhnya didasarkan pada keyakinan,” kata Dr JA Jayalal, presiden nasional di Indian Medical Association.

Pihaknya juga khawatir dengan adanya praktik tersebut dapat meningkatkan penyebaran virus COVID-19 karena melibatkan orang yang berkumpul dalam kelompok.

(edit:ryn)

You must be logged in to post a comment Login