web analytics

Waspadai Permainan tidak Normal

Oleh : Bert Toar Polii

Sulutlink.com – Permainan yang tidak normal dari lawan sering menjebak. Tapi jika dicermati kadang malah dapat memberikan petunjuk sangat berguna. Dalam permainan bridge, cara mengelabui lawan dengan permainan yang tidak normal disebut false card. Salah satu contoh false card adalah dengan pegangan tidak ada apa-apa, tapi memberikan sinyal seakan-akan kuat di warna tersebut. Declarer yang percaya akan sinyal ini tentu saja akan terkecoh. Papan berikut ini merupakan contoh nyata:

S AKQ
H Q10652
D Q7
C K83 .
S 652 S J10873 .
H K984 H
D AK106 D 942
C Q10 C J6542
S 95
H AJ73
D J853
C AJ7 .

Barat Utara Timur Selatan
1D Dbl. Pass 2H
Pass 4H

Barat mulai dengan DAK, Timur memberikan sinyal dengan D 9 dilanjutkan dengan D2 seakan-akan ia pegang doubleton Diamond. Anda ruff lanjutan Diamond dari Barat dengan H10 dan kaget ketika Timur kemudian ikut dengan D4. Permainan yang tidak normal dari Timur dengan membuang D9 disusul D2 padahal ia memegang 3 kartu perlu mendapat perhatian Anda sebagai declarer. Trump terbagi 4-0 satu-satunya bahaya yang mengancam kontrak di atas, dan ini bisa menjadi alasan mengapa Timur melakukan false card di warna Diamond.

Karena Barat opening bid 1D maka hampir pasti HK ada di Barat dan kalau Barat pegang 4 lembar Heart maka declarer harus ekstra hati-hati memainkan kombinasi Heart. Untuk mengatasi pembagian trump 4-0, Anda harus memainkan trump dari tangan. Caranya dengan main Club ke arah Ace dilanjutkan H3, jika Barat main Heart kecil, Anda memainkan HQ. Jika Timur void maka untuk dapat memenuhi kontrak ini, Anda berharap distribusi Barat adalah 3442. Main Club dilanjutkan dengan SA, SK kemudian SQ yang diruff dengan H7. Sehingga tercipta posisi ini :

S
H 652
D
C 8 .
S S
H K98 H Tidak penting
D 10 D
C C
S
H AJ
D J
C J

Setelah ruff CQ yang seharusnya sudah trik anda mainkan DJ dimana barat terpaksa ikut. Selanjutnya Ketika anda main CJ barat harus ruff dan kena throw ini untuk masuk congkok H.

About Redaksi 2

Check Also

Mengenal World Bridge Team Championship (WBTC), Piala Dunianya Bridge

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Cabang olahraga bridge mempunyai event yang mirip dengan …