web analytics

Wawali SAS Hadiri Rakernas dan Launching Gerakan Indonesia Bersih

 

Tomohon, sulutlink.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Launching Gerakan Indonesia Bersih, yang juga merupakan sebagai Hari Sampah Nasional dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Kamis (21/02/2019).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki dan Wakil Menteri ESDM Archandra serta para Gubernur, Bupati, Walikota dan Wakil. Sementara untuk Kota Tomohon dihadiri Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS).

Menteri Luhut Panjaitan yang membuka kegiatan ini, mengharapkan agar gerakan ini menjadi gerakan masif dan meminta semua pihak terkait agar bekerja keras.

“Hal ini dikarenakan sampah dapat berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, perekonomian, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak,” terangnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, menjelaskan bahwa gerakan ini diluncurkan bertepatan dengan HPSN (Hari Peringatan Sampah Nasional) 2019 tanggal 21 Februari 2019.

Terkait tujuan Rakernas Indonesia bersih adalah memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih baik dari kebijakan sektor dan daerah.

Tidak kalah penting diharapkan juga Rakernas dapat mendorong Pemerintah Daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian Indonesia Bersih.

Gerakan Indonesia bersih dapat diwujudkan melalui kerjasama antar sektor dan peningkatan kinerja Pemerintah Daerah.

Begitu juga dengan sinergi kebijakan sektor dalam upaya-upaya pengelolaan sampah, baik peningkatan sarana prasarana maupun mendorong partisipasi publik.

Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) mengatakan bahwa permasalahan sampah penting untuk diatasi bersama-sama karena berdampak luas pada sendi-sendi kehidupan manusia, oleh karena itu sinergitas dan tindakan konkrit dalam penanganan dan pengelaloaan sampah secara berkesinambungan harus terus dilakukan, ini untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Sementara itu, di Kota Tomohon sendiri melaksanakan kegiatan memperingati Hari Peduli Sampah yang bertempat di Bank Sampah Induk “Mapalus” berlokasi di Kelurahan Tumatangtang Lingkungan VII, bersama dengan Jajaran Polres Tomohon dan dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Novi Politon, SE.

Proses pengelolaan sampah tertuang dalam Undang-Undang no.18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, Peraturan Pemerintah no.82 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Sejenis Rumah Tangga dan Peraturan Presiden no.87 Tahun 2017 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. (Sten’Ma)

About Redaksi SL

Check Also

Sekretaris DPRD Sulut Sandra Moniaga dan Jajarannya, Gerak Cepat Salurkan Bantuan Makanan Siap Saji Bagi Warga Terdampak Bencana Pasca Banjir di Manado

  Januari 27.2023.admin: karel tangka   Sulutlink.com – Sekertaris DPRD Sulut Sandra Moniaga dan Jajarannya …