web analytics

Wawali SAS Tutup Kegiatan Pengelolaan Keuangan

 

Tomohon, sulutlink.com – Bertempat di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara (Minut), dilaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan yang benar. Kegiatan ini dilaksanakan 21-23 Februari 2019.

Setelah sebelumnya Walikota Tomohon Jimmy F Eman membuka dan membawakan materi tentang pengelololaan keuangan yang baik dan benar pada kegiatan ini. Pada Sabtu 23 Februari 2019 Wakil Walikota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan (SAS) membawakan materi pengelolaan keuangan yang bertanggung jawab serta menutup kegiatan ini.

Wawali SAS menyatakan kalau saat ini telah terjadi perubahan paradigma dibidang pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan daerah antara lain menyangkut masalah penata usahaan keuangan yang harus dilaksanakan secara relevan handal dan akuntabel agar keuangan daerah yang dibebankan berdasarkan APBD yang merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat yang harus dikelola dengan dengan baik dan benar.

Wawali SAS juga berharap nantinya ketika selesai mengikuti pelatihan ini dan kembali ke perangkat daerah dan kelurahan masing-masing sudah memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja dan selalu konsisten dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar.

Kegiatan tersebut dihadiri narasumber dari Badan Pemeriksa Keuangan yakni Yohanes Tukijan, Icho Pradana, Harkita, Okky W Sinaga. Pemateri lainnya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado DR. Herman Karamoy, SE. M.Si.Ak.Ca, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tomohon Wilke Rabeta, SH, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi.

Sementara itu, peserta yang mengikuti sekitar 170 orang yang terdiri dari PPK Perangkat Daerah, Bendahara Pengeluaran Perangkat Daerah, PPK Pembantu di Kelurahan, Bendahara Pengeluaran Pembantu di Kelurahan dan Bendahara Pengeluaran Pembantu di Sekretariat Daerah Kota Tomohon.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitis, dan profesionalisme aparatur pengelolaan keuangan daerah sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, transparan dan akuntabel serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yg berlaku.

Manfaat kegiatan ini agar pengelola keuangan daerah dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab untuk mewujudkan good governance dan clean government. (Sten’Ma)

About Redaksi SL

Check Also

Pemkab Mitra Bergerak Cepat Dalam Rangka Penyusunan RKPD Thn 2023

Minahasa Tenggara, Sulutlink.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bergerak cepat, Pemkab Mitra mengelar Konsultasi …