web analytics

Waworuntu Minta Disbud Sulut Perhatikan Waruga Toar Lumimuut di Desa Palamba Minahasa, Kadisbud Lukas: “ditindaklanjuti”


Manado, Sulutlink.com – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPRD Sulut, dengan Dinas Budaya Provinsi Sulut, yang dipimpin langsung Ketua Komisi Braien Waworuntu, SE, telah membahas berbagai kegiatan sekaligus evaluasi program selama tahun 2021. Banyak hal yang menjadi perhatian komisi IV terkait program-prograsm belum sempat terlaksana selama masa pandemi sehingga serapan anggaran pun belum tercapai sesuai harapan.

Terungkap dalam rapat dengar pendapat yang dihadiri Wakil Ketua Komisi Careig Runtu, Melky Pangemanan, Yusra Alhabsyi dan Nursiwin terkait program-program Dinas Budaya Provinsi, dimana Cagar Buaya Waruga Toar Lumimuut hingga saat ini belum ditindak lanjuti.

 

Ketua Komis IV DPRD Sulut Braien Waworuntu meminta Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Budaya Sulut untuk memperhatikan Cagar Budaya Waruga Toar Lumimuut yang ada di Desa Palamba Kecamatan Langowan Selatan,” kata Politisi Partai NasDem Sulut Selasa (15/04) diruang rapat Komisi IV DPRD Sulut.

 

“Saya meminta Dinas Budaya Provinsi Sulut untuk segera turun lokasi melihat langsung kondisi Waruga Toar Lumimuut yang ada di Desa Palamba Kecamatan Langowan Selatan, karena ada beberapa aspirasi masyarakat yang masuk ke saya bahwa Waruga Toar Lumimuut kurang diperhatikan dari segi pemeliharaannya,” imbuh Legislator Dapil Minahasa-Tomohon dihadapan Kepala Dinas Budaya, Jani Lukas yang didamping Sekretaris Roni Siwi dan para Kabid/Kasubbid.

Ia, menekankan bahwa Cagar Budaya Toar Lumimuut merupakan hal yang wajib untuk dilestarikan karena ini adalah aset sejarah leluhur Tou Minahasa. bahwa uluran tangan pemerintah untuk pemeliharaan dan pelestarian situs sejarah ini adalah yang utama,” tandas BW.

“Waruga Toar Lumimuut harus dirawat dengan baik, itu juga adalah hal positif untuk masyarakat Sulut karena situs-situs sejarah yang ada dapat menarik wisatawan, baik lokal maupun interlokal,” Kata BW.

Menanggapi itu, Kadis Budaya Provinsi Sulut Jani Lukas mengatakan akan segera menindaklanjutinya.

“Memang saya sendiri belum sempat mengunjungi dan melihat kondisi terkini situs sejarah Waruga Toar Lumimuut. Tapi dengan adanya aspires, keluhan dari masyarakat yang telah disampaikan, oleh pak Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu, pastinya kami akan meninjau langsung lokasi Waruga Toar Lumimuut sekaligus melihat langsung kondisinya. Intinya kami Dinas Kebudayaan akan segera menindaklanjuti hal itu,” Ucap Lukas saat diwawancarai awak media. adm.2.SL (KST).

About DeProS Red

Check Also

Kumayas Dapat SK Repdem Minsel untuk Menangkan PDIP di 2024 Nanti

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Repdem Minsel Terima SK PDI Perjuangan. Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) merupakan anak …