WBF Batalkan Dua Kejuaraan Dunia Bridge Tahun 2021

Sulutlink.com – Setelah lama ditunggu, akhirnya World Bridge Federation (WBF) melalui rapat Komisi Managemen pada tanggal 7 Mei 2021 untuk membatalkan penyelenggaraan dua Kejuaraan Dunia Bridge tahun 2021.
Keputusan ini diambil karena pandemic covid-19 masih sulit di prediksi sampai saat ini.
Dua Kejuaraan Dunia Bridge yang dibatalkan adalah World Youth Team Championship dan World Bridge Team. World Youth Team Championship yang sedianya diselenggarakan pada tahun 2020 di Salsomagiore, Italia kemudian ditunda tahun 2021 akhirnya dibatalkan sama sekali dan ditunda tahun 2023.
World Bridge Team yang mempertandingkan Bermuda Bowl, Venice Cup, d’Orsi Senior Trophy dan Wuhan Trophy lambing supermasi untuk nomor Open Team, Ladies Team, Senior Team dan Mixed Team juga dibatalkan.
Namun khusus untuk event ini akan diselenggarakan pada akhir Februari atau awal Maret 2022. Dengan keputusan ini berati WBF akan menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Bridge di tahun 2022 akan menggelar dua Kejuaraan Dunia Bridge,
Satu event lagi yang diselenggarkan pada tahun 2022 adalah World Bridge Series.
Dengan keputusan ini berarti hanya World Bridge Team yang sedianya diadakan pada tahun 2020 yang dibatalkan.
Namun belum ada keputusan tempat penyelenggaraan untuk event yang ditunda. Apakah tetap di Salsomagiore atau dipindah ketempat lain. Untuk World Bridge Team, Salsomagiore masih tepat sebagai tempat penyelenggaraan. Tapi untuk World Bridge Series sepertinya kurang cocok.
Sekedar untuk diketahui, World Bridge Series mempertandingkan :
The Rosenblum Cup – Open Teams,The McConnell Cup – Women’s Teams,The Rand Cup – Seniors Teams,The World Transnational Mixed Teams,The Open Pairs, The Women’s Pairs. The Seniors Pairs dan The Mixed Pairs. Semua pertandingan adalah transnational atau pemain antar negara boleh bergabung dalam satu team.
Prestasi Indonesia di event ini, pernah runner-up The Rosenblum di Montreal, Kanada tahun 2002 dengan para pemain : Munawar Sawiruddin (NPC) – Taufik Absi – Franky Karwur – Henky Lasut – Eddy Manoppo – Denny Sacul – Robert Parasian (Indonesia).
Tahun 2010 pada nomor The Rand Cup – Seniors Teams keluar sebagai juara ketiga dengan para pemain : Michael B. Hartono, Henky Lasut, Eddy Manoppo, Denny Sacul, Munawar Sawiruddin.
Tahun 2014 yang terbaik. Pada nomor The McConnell Cup – Women’s Teams, Indonesia meraih juara 3 dengan para pemain :Rury Andhani, Lusje Oha Bojoh, Suci Amita Dewi, Kristina Wahyu Murniati, Conny Sumampouw, Julita Grace Tueje (Indonesia), Veterano Sitompul (NPC).
Selain itu di nomor pasangan senior, pasangan Henky Lasut/Eddy Manoppo keluar sebagai juara dunia dan pasangan Suci Amita Dewi/Kristina Wahyu berhasil menyabet medali perunggu.
Melihat berbagai perubahan diatas maka pada tahun 2022 akan ada beberapa event penting yang akan terlaksana.
Pertama World Bridge Team sekitar awal Maret kemudian Asia Cup yang akan jadi turnamen pemanasan untuk Asian Games 2018. Biasanya jadwalnya sekitar Juni dan rencananya akan digelar di China. Selanjutnya World Bridge Series yang tergantung apakah akan diadakan Agustus sebelum Asian Games di Hangzhou atau sesudahnya. Asian Games 2022 di Hangzhou dimana cabang olahraga bridge dipertandingkan akan digelar 9-25 September 2022.

Oleh : Bert Toar Polii

You must be logged in to post a comment Login